Toshiba USB Flash Drive Dual OTG USB3

Wew, panjang juga yah judulnya.

sesungguhnya, gue lupa ini tipe-nya tipe apa, karena kardusnya udah dibuang entah kemana.

eniwei… duh… susah juga yah ngejelasinnya kalo enggak pake foto, sementara gue masih belum nemu cara yang cukup nyaman untuk upload-upload foto disambungin ke blog ini.

nah, kebeneran gugling di kaskus, nemu ada yang jual. barangnya seperti gambar di bawah ini

 

hehehe, nemu juga gambarnya.

ada beberapa pertimbangan kenapa gue membeli produk ini:

1. usb flashdrive nya udah pake port USB 3, harusnya speed read and write-nya oke

2. dual port usb, satu USB biasa yang buat ke komputer, satu lagi port micro USB, nah ini gunanya buat dicolokin ke port micro USB henpon, jadi gak perlu lagi namanya kabel USB On The Go (OTG). gampangnya, kalo mau transfer file dari hape ke komputer, tinggal pake flesdis ini ya tinggal colok.

3. kecil, dan port micro USB-nya ada tutupnya. kalo bagian usb biasanya, ya telanjang aja gitu, bugil, naked, no protection. ini sih agak2 minusnya.

pada saat tulisan ini dibuat, gue punya model USB kayak begini ada 3 atau 4 ya. sandisk, sony, toshiba, sama transcend. ah.. berarti ada 4. dan semuanya dual usb port (satu usb biasa, satu micro usb). yah mirip2 lah sama yang toshiba ini. cuma beda desain aja. nanti kapan2 gue foto dan gue jejerin deh semuanya, jadi nanti keliatan perbedaan size-nya.

kurang lebih begitu sih. oh iya, kebeneran belakangan ini gue lagi hobi download film-film gitu. nah, gue downloadnya via torrent dengan menggunakan router, jadi download tanpa PC gitu, nanti deh kapan-kapan gue bahas tentang hal ini. anyway busway, setelah downloadan selesai, disimpen di portabel HDD 1. nah… file-nya terus gue mau pindahin dari HDD 1 ke HDD 2, dengan menggunakan komputer yang udah ada port USB 3 nya dua biji. jadinya gak bottle neck. maksud gue, device dengan port USB 3 gak akan optimal speed-nya kalo dicolok ke port USB 2. gak maksimal.

lho… kok jadi ngebahas beginian?.. gini….. lanjutin dulu ya. nah karena HDD 1 dan HDD 2 sudah USB 3, dan dicoloknya ke kompie yang ber USB 3, maka transfer file bisa dibilang sangad cepat. transfer rate-nya bisa nyampe minimum 50MB/sec… dan yang tercepat yang pernah gue liat bisa nyampe 100MB/sec. artinya… file ukuran 1GB kurang lebih bisa ditransfer dari HDD 1 ke HDD 2 dalam waktu sekitar 10 detik.

nah… kebeneran hari ini hasil panen download udah selesai. tapi lupa bawa HDD 2-nya. ya udah, karena hasil download ukurannya kurang lebih 15GB, masih muat dong di Flash disk toshiba yg sempet gue bahas di atas. jadi kelanjutannya adalah mindahin file dari HDD 1 ke FD Toshiba (ingat, keduanya sudah USB 3), di kompie yang ber port USB 3 juga.

ternyata hasilnya cukup menyedihkan. transfer rate file dari HDD 1 ke FD Toshiba, berkisar di 16 MB/sec s/d 18 MB/sec. ngitung gampang anggeplah 20MB/sec. artinya… file 100MB ditransfer dalam waktu 5 detik, dan file 1GB ditransfer kurang lebih dalam waktu 1 menit.

kesimpulan sementara: walaupun sama2 USB 3, dan walaupun flashdisk itu pake memori SSD (atau bukan ya 🙂 ) yang kalo di laptop SSD lebih cepet daripada HDD, ternyata enggak juga. maksud gue, transfer rate tetep lebih cepet dari HDD 1 ke HDD 2, dengan perbedaan kecepatan yang lumayan selisihnya

tapi lumayan lah… sembari nulis tulisan ini, kelar juga tuh 15GB file 🙂

oh iya, lupa, untuk port micro USB-nya speednya masih USB2 ya. beda lho kalo yang port micro USB yang 3 tu lebih lebar. contohnya kayak samsung galaxy note 3 apa ya yang pake micro USB 3.

salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *