Sphero 2.0 : Remot Bola Robot Yang Lucu

Sphero….. apakah sphero itu? sphero adalah….errr… gimana ya mulainya. aish.. ya sudahlah. jadi gini ceritanya, awal muasalnya itu justru bermula dari pelem star wars yang terakhir.. apa ya judulnya… lupa gw… pokoknya kemunculan pertama BB8… nah terus muncul deh, ada robot BB8 yang bisa pake remote (baca: smartphone android or iphone). dari sinilah terus gue tau ada yang namanya sphero, liat youtube-nya… asik juga ternyata buat mainannya.

nah, waktu itu browsing2.. harganya sphero 2 masih mahal di toko2 online, sekitar 2jt seinget gue. rasanya masik terlalu mahal, dan ga tau juga yang masukin siapa ke indonesia.. ngomong gampangnya: barang BM. mikir garansinya de el el… so pass lah.

sekitar sebulan yang lalu, pas lagi lewatin toys kingdom… eh… lho kok ada dipajang sphero 2.0, BB8 + forceband, sama sphero sprk. sphero 2.0 warnanya putih, sphero sprk warnanya bening. yang sphero 2.0 harganya 1,2 juta, dan yang sprk harganya sejuta.  nah gue beli yang warna putih…. pertamanya… habis itu……….

enihow gambarnya dulu yah… as usual, nyomot dari internet… tapi as usual juga… sama persis kok sama yang gue punya… seperti biasa… dipercaya ya sukur.. ga dipercaya ya kebangetan :p

itu sih untuk ngebayangin ukurannya aja kurang lebih segitu. nah… bahan bodinya itu katanya polikarbonat, beratnya menurut gue sih lumayan agak berat, tapi gak berat-berat amat, tapi berasa lah… berbobot gitu. kalo sepintas diliat, kayak plastik (ya emang plastik sih), tapi klaim dari sphero-nya sih katanya kuat, ditabrak2-in juga gapapah. dan ternyata emang bener sih, gue tabrak2in ke tembok rumah (belon pinter nyetirnya), so far sih aman-aman aja.

ini mainan aneh bener emang, karena bener2 bola bulet, dan charging-nya ternyata menggunakan wireless charging (included, gila aja kalo ga included).

nah, kalo kabel colokan ke wireless chargernya sih micro USB, proprietary gitu modelnya, modelnya mirip charger nokia lama yang bulet gitu, gak asik nih, bukan micro USB. dan nanti ada lampu indikatornya di docking chargernya… kedip2 kalo lagi proses ngecas… terus kalo udah penuh…err… lupa… kalo ga nyala konstan… atau mati yah… hehehe. lupa. kayaknya sih mati lampunya. lama pengecasan sampe penuh ga tau, karena seringannya gue maininnya malem, pas dicas tinggal tidur, pagi tinggal dilepas sphero 2.0 -nya dari cradle chargernya.

oiya… di paket pembeliannya, dapet sphero 2.0 sebijik, cradle/wireless charger-nya + kabel, kayaknya ga dikasih adaptor seinget gue sih, tapi bisa pake charger hape biasa, dan dapet ramp… yess… ramp mainan dari plastik, buat main jemping-jempingan (baca: jumping).. maksudnya spheronya dikebut jalannya, lewatin ramp itu.. terus loncat deh sphero-nya.

baiklah….. ada baiknya (dan seharusnya) sebelum beli sphero 2 ini, pastikan dulu punya hape android/iphone, dan punya kuota yang cukup untuk download aplikasinya sphero ini, karena untuk mainin sphero ini, harus download dan install app-nya dulu. karena gue pakenya android, jadi ya gue install dari playstore, tinggal search aja sphero, install deh.

pertama yang harus dilakukan adalah, nyalain sphero-nya. gak ada tombol on off? ga usah kuatir, tinggal di tepok dua x.. sphero akan nyala, lampunya kedip2 berubah warna ijo biru ijo biru.. artinya dia dalam pairing mode. habis itu pair dulu sphero secara manual ke hape androidnya, melalui menu, setting, bluetooth, add device, pair.. done. setelah di pair, barulah buka aplikasi sphero-nya… nanti app-nya akan nyari sphero yang udah dipairing via bluetooth tadi, konekting… dan siap bermain.

kalo di android, tampilan app-nya nanti seperti di bawah ini:

nah, yang buletan gede disebelah kiri yang dalemnya ada tanda panah atas bawah kiri kanan itu virtual joystick, tapi kalo males, bisa juga switch ke gyro-mode, tinggal tap gambar hape yang ada panah kanan kiri yang di atasnya bola gede itu… kendaliinnya pake gyro, kalo yang udah biasa maen game balap mobil di hape yang uda biasa pake setiran model gini pasti paham deh maksud gue. pokoknya gampang deh, ikutin aja petunjuknya si aplikasi itu… it’s easy.

sphero ini didalemnya ada lampu led-nya yang terang, dan bisa berubah-ubah warna. untuk ngerubah warna lampunya, bisa diatur dari setting-nya app sphero di atas. menarik.

penasaran? beli aja :p lumayan seru kok maininnya. gue mainin setengah jam ga abis-abis sih batrenya. seru kok. bisa atur speed max-nya kalo misalnya ga mau kenceng2 amat, bisa juga di max kan (denger2 sih bisa sampe 18 kpj).. lumayan kenceng itu sih.

apalagi yang bisa diceritain dari sphero ini ya? oh iya… cemplungable… gak masalah sphero kalo diceburin ke dalam air. oiya.. ada asesorisnya namanya knobby tires, dari karet gitu.. jadi spheronya macam dipakein sarung karet gitu… biar kalo bumpy ga terlalu bunyi pletakkk.. gitu kali ya… tapi kalo liat di yutub, salah satu fungsinya knobby tire itu biar spheronya bisa jalan kalo lagi ngapung di air. gue belum pernah coba sih, knobby-nya kaga tau kemana dimaenin sama anak gue :(. mayan juga padahal harganya.wew… yasutralah.

anyhow, it’s fun… gue dapet di harga yang wajar, dan bisa dicicil 6 bulan (hail CC).. dan mainannya rasanya lebih kekinian, dan lagi sphero 2 ini rasanya lebih menarik daripada mainan RC biasa. enihow… setiap mainan RC ada kekurangan dan kelebihan sih. sphero ini jelas ga bisa terbang, kalo heli RC bisa, tapi heli RC ga bisa ditabrak2in ke tembok, kalo sphero gpp, kenikmatan maennya beda-beda deh.. intinya sih gitu.

okay, sekian aja dulu gitunya, salam ngglinding nyala-nyala. next gue akan bahas sphero sprk, dan apa bedanya sebenernya sama si sphero 2.0 ini.

see ya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *