Sony Smart Bluetooth Speaker BSP60

gadget pertama yang dibahas di tahun 2016 di blog ini, adalah sony smart bluetooth speaker bsp60, atau sony bluetooth smart speaker… or… whatever lah… pokoknya si BSP60 ๐Ÿ™‚ si speaker bluetooth yang bisa joget sendiri hehehehe.

okey… kalo speaker bluetooth, sepanjang sejarah gue beli speaker bluetooth, baru punya 2. yang pertama adalah sony yang model speaker telur (SRS-BTV5)… gue lupa, udah pernah gue tulis belonย  ya disini, kayaknya sih belon. nanti boleh lah habis ini gue tulis dan gue bandingin sama si BSP60 ini. yang kedua adalah dausen… lupa tipenya apa, kayaknya belum ditulis disini juga deh, nah.. artinya nambah lagi bahan tulisan gue, tinggal dicari dulu dirumah banda-nya disimpen dimana ๐Ÿ™‚

kembali ke BSP60, ini barang sejak pertama kali kemunculannya di internet (baca: youtube) itu emang udah menarik minat gue. dibilang berguna sih enggak juga, dibilang enggak berguna sih enggak juga. ada gunanya… tapi gak segitunya, dan gak terlalu berguna juga… tapi gak segitunya juga. hehehe… pasnya buat lucu-lucuan aja deh.

pertama kali ngeliat langsung barangnya, di sony store yang ada di mal grand indonesia, waktu itu dipejengin bareng sama Xperia Z5 premium, disertai selebaran (baca: brosur), yang menjelaskan bahwa si bsp60 itu adalah bundling paket untuk pre-order Z5 premium, yang katanya nilai nya si bsp60 itu 4,5 jt rupiah. gubrak. 4,5 juta buat spiker blutut doang? gue sih gak yakin bakalan beli kalo harga segitu, kurang layak lah. tapi terus gue mikir… ah…. pasti nanti ada deh, yang beli z5premium, terus gak mau spikernya, terus dijual. dan bener… gak lama setelah z5 premium mulai beredar, bermunculan deh itu yang jualan bsp60, dan gue dapet di harga 2,5jt…. well.. masih termasuk mahal sih sebenernya, buat ukuran speaker bluetooth, tapi unique design dan tebakan gue barangnya gak bakalan masuk resmi di Indonesia, akhirnya gue pikir.. ya udah deh, beli aja lah. itungannya juga buat koleksi aja, sambil buat maen iseng-iseng sama anak-anak gue.

dan akhirnya dateng deh tu si bsp60, singkat cerita dibuka, isinya kerdus cuman spiker sama manualnya ajah. ga ada kabel usb buat ngecas… well.. sangat minimalis sekali. petunjuk penggunaan yang agak detil pun gak ada, cuma seadanya gitu.

singkat cerita, buat nyalain switchnya ada di bagian bawah. tinggal digeser, terus buat pairing switch-nya sama, tinggal diarahin aja ke yang tulisan pairing. sori, pada saat buat tulisan ini, gue lagi di kantor, dan spikernya lagi di rumah, jadi no live pic. coba nanti gue cariin gambar di internet kali ketemu.

ah.. ketemu… ini dia

tuh, keliatan ya, kalo nyalain geser ke kiri, kalo mau pairing, geser ke kanan. terus ada colokan kecil juga buat reset. terus keliatan kan ada roda 2 arah 2 bijik, sama roda bulet 2 bijik, ya… itu yang nanti bisa bikin si spikernya joget-joget.

proses pairing bluetoothnya sama lah seperti lainnya, bisa pake NFC, atau manual. kalo NFC ya tinggal tempel aja nfc hape ke nfc spiker, nanti jalan sendiri. kalo manual, ya itu switchnya di arahin dulu ke pairing, terus dari setting bluetooth hp search device, tinggal di pair deh.

kali ini gue pairingnya pake asus ZF2, karena hapeย  yang ada lagu-lagunya itu ada di hape itu ๐Ÿ™‚

setelah proses pairing berjalan lancar, penasaran langsung setel lagu, jreng jreng… keluar suaranya, kupingnya langsung kebuka, dan lampunya warna-warni. eh… tapi kok gak joget? err….. hmmm.. kayaknya harus download aplikasinya dulu di hape, dan bener. buka playstore, search bsp60, dan muncul lah si aplikasinya, tinggal download. done. nama aplikasinya di hapenya smart BT speaker, tinggal ke setting, cari-cari… action, ada pilihannya dance with music (while playing music), tinggal di on kan.. beres. diulang lagi, joget deh spikernya.

sayangnya, waktu gue mencoba ngerekam si spiker lagi joget pake asus, begitu teken tombol record, eh… lagunya otomatis pause. jiahhhh… geblek. ya udah deh, kapan2 gue coba rekam pake hape lain pas si spikernya lagi joget sambil ngeluarin lagu.

iye ye.. ngomong-ngomong, belum ngunjukin gambarnya kalo lagi standby.

as usual, gambar boleh nyomot dari internet, tapi ya emang bsp60 adanya model gitu doang, warnanya juga, belum ada yang laen. hmmm.. coba kalo warna warni gitu mungkin lucu juga kali ya

tapi lampu yang keluar warna warni kok, pas lagi nyetel lagu, bentar.. cariin gambarnya lagi.

nah, itu gambarnya. jadi bukan satu warna ya, kalo lagi nyetel lagu, lampunya warna warni berubah-ubah gitu. lucu deh, apalagi sambil gerak-gerak spikernya.

kalo lagi gak nyetel lagu, kuping-nya nutup kayak gambar yang sebelumnya, kalo pas lagi nyetel lagu, ngebuka kayak gambar di atas persis. gue belum coba fungsi buat nelpon dan kalo ada telpon seperti apa, karena sampe saat tulisan ini dibuat, ZF2 belum dipasangin sim card buat nelpon :p. kegiatan telpon menelpon masih dipegang sama acer e700, tapi e700 gak ada lagunya, makanya gue pair sama ZF2 ๐Ÿ˜€

anyhow, di aplikasinya juga bisa bikin speaker ini disuruh pake perintah suara, voice command bahasa kerennya. tapi inget ya, voice command ini gak akan bisa dipake kalo spikernya gak konek ke hapenya, karena sebenernya yang pinter itu hape-nya, spikernya sih cuma nerusin aja suara yang dikeluarin sama hape-nya. misalnya, gue udah nyoba nih, play song bon jovi, gue perintahin gitu, nah… terus disetel deh lagu-lagu nya bon jovi sama dia langsung, yang ada di ZF2 gue. okeyyy.. not bad at all. ada beberapa perintah lain, tapi belum gue jajal, oh iya.. pengenalan suaranya juga lumayan oke… atau mungkin karena bahasa inggris gue spellingnya emang bagus kali ya.. jadinya dikenalin perintahnya wkwkwkwkwk. (ge er mode: on)

sementara itu sih baru itu yang gue ekplorasi secara langsung fitur-fiturnya. kalo baca manualnya (gue lupa yg di kertas apa baca di internet atau di aplikasinya), dia berfungsi sebagai weker juga bisa (iya lah, (standar alarm hape), tapi uniknya adalah (katanya), pas alarm-nya nyala, kupingnya bakalan naik (sama kayak nyetel lagu), dan kita bisa tutup kupingnya secara manual (tangan ditempelin ke kupingnya terus di dorong), dan itu akan matiin alarmnya. belum nyoba sih kalo yang ini. menarik juga.

hal lain yang belum gue coba ya terima telpon melalui si spiker ini, rasanya sih cocoknya harus di ruangan yang sepi ya buat telpon2nan pake spiker gini.

oh iya, soal joget-jogetnya, somehow setelah sekian menit, tiba2 dia diem. mungkin program joget-nya ada kali ya,max sekian menit, jadi kalo nyetel lagu nonstop, dia ga bisa joget terus. errr.. terus somehow mekanik pas kupingnya ngangkat (atau bunyi roda-nya muter), itu lumayan kedengeran kalo lagu-nya yang slow slow gitu.

kalo kualitas suara… gue ngerasa treeble-nya agak kurang, mungkin ngakalinnya ya lewat equalizer media player yang di hape. terus powernya juga rasanya agak kurang… kurang nendang lah volumenya, bass-nya juga biasa aja sih.

sementara segitu dulu, nanti dilanjut lagi kalo pas gue nyobain fitur2 lain yang ada di spiker ini.

eh iya… sebelum nutup, ukurannya menurut gue lumayan gede, jauh lebih gede daripada SRS-BTV5, kapan2 gue foto bejejer deh, buat liat perbandingannya. materialnya kayak plastik glossy gitu, warna piano black, keren sih. rasanya juga gak terlalu fingerprint, kayaknya sih. dan satu lagi… ini lumayan jarang, dan lumayan bikin gue hepi… tulisannya made in japan ๐Ÿ˜€

buat nggambarin ukurannya, nih boleh nyomot gambar di internet :p

salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *