Sony SBH54 Review

pas lagi iseng-iseng mampir ke welcommshop.. atau wellcomshop… ya itulah pokoknya, toko asesoris itu…. sebenernya niatnya mau liat2 smartband2 karena lagi masih obsesif sama yang namanya heart rate monitor. nanya-nanya sama mbak-nya yang disana, katanya harganya 2jt. gubrak. mahal ajeh, perasaan seratus dolaran deh katanya, terus ngecek ke beberapa toko online, udah banyak yang jual di satu juta setengahan. ah… gak asik. tapi mau beli online juga males, karena gak dapet poin, yes.. kalo belanja di welcomshop (toko retail ya, bukan online), itu kalo member dapet poin, tergantung barangnya apaan, bisa dapet poin sekitar 10 persen sampe 20 persen dari nilai barang yang dibeli. jadi gini, misalnya gue beli BTHF plantronics backbeat fit 1,5jt, nah… nanti gue akan dapet poin 20% dari 1,5jt, artinya 300rb. nah.. nilai 300rb ini bisa gue pergunakan pada saat belanja berikutnya di toko welkom ini.

lho, kok malah ngomongin poin welkom? ya.. karena terkait dengan lanjutan cerita gue di atas. karena gue anggep mahal si smartband 2, ya gue gak jadi beli… eh terus pas ngeliat display sebelahnya ada SBH54 ini. harga 1,5jt. wew… masih aja ya kisaran harganya segitu. cek toko online, iya.. rata-2 jualnya 1,4 – 1,5 jt. artinya jualnya harga pasaran. ya udah, akhirnya gue beli aja. nah… karena poin gue masih ada 400rb-an, gue pake semuanya, jadi pokoknya akhirnya gw beli sbh54 ini di harga sejuta lebih goceng. yesss. dan ditambah lagi pake cicilan kartu kredit 3 bulan, jadi nyicil deh 300rb’an sebulan. hail cicilan.

singkat cerita, kalo ngeliat namanya dan nomer seri-nya, sbh54 ini berarti lanjutan dari sbh50, sbh52. sbh50 pernah gue tulis disini, bentuknya kotak, merupakan seri lanjutan dari smart bluetooth headset pro, kayaknya pernah gue tulis juga.. tapi serinya namanya mw1 kalo gue ga salah.

kenapa gue kait-kaitin sama seri sebelumnya. tak lain dan tak bukan karena tampilan serta fiturnya. kalo dari segi bentuk… ini jelas-jelas mengingatkan gue sama sony ericsson mw600/sony mw600 (coba liat tulisan gue tentang mw600 dan bakalan paham deh kenapa gue nulisnya gitu). asli… bentuknya sama persis. fitur juga sama lah, ada build in radio, display kecil scrolling,, terus casan pake micro usb port, bener2 kelanjutan dari MW600, tapi ada tambahan fitur, adalah speaker mini, gue bisa nelpon pake sbh54 ini seperti pake telpon kecil, yes… jadinya gak handsfree, tapi rasanya lebih eye-catching aja, serasa pake mini phone gitu, micro mungkin, mengingat hape jaman sekarang ukurannya guede guede sangad. nah… fitur ini dulu ada di sbh52.

jadi bisa gue bilang, untuk form factor/bentuk dia nerusin mw600, tapi untuk fitur tambahannya ngikutin sbh52. oh… satu lagi, dia juga ngikutin fiturnya sbh80. nahlho… sbh80 kan bentuknya beda banget, kenapa dibilang ngikutin fitur sbh80? karena…. ini si mungil ada vibrator-nya, alias bisa vibrate. dang.

okey, selanjutnya mungkin pada bertanya-tanya, kenapa fitur2 itu kayaknya penting banget buat gue. gini skenarionya. kalo di kantor.. gue sering banget ninggalin hape di meja, karena males bawa-bawanya, dan seringkali orang ngomel2 ke gue karena telpon ga diangkat. kemudian masalah bisa diatasi pake smartbandtalk… tapi ya gitu,smartband talk privacy-nya agak kurang karena ya suaranya kemana2, walau gak gede juga sih, mungkin smartbandtalk kalo ditempel ke kuping suaranya gak bakalan kemana2, tapi aneh aja sih, tapi boleh juga sih.. ntar kapan2 coba ah.

hal ini persis dulu yang gue lakukan waktu gue pake Z Ultra dikombinasikan sama si sbh52. cuma sekarang bentuknya lebih kecil, dan yang lebih asik lagi, ada vibrate-nya kalo ada telpon masuk.

tapi kalo gue inget-inget lagi, rasanya sbh52 kalo ga salah asik juga, dia bisa phone mode (bahasa gue aja sih, pengertiannyha terima telpon pake kayak pake hape biasa mungil gitu), tapi bisa juga di set speaker mode, jadi suaranya lebih keras gitu, skenarionya kalo dipake di mobil di kantong atau di kerah sih harusnya masih enak ngobrolnya kedengerannya. kalo si sbh54 ini gue belum tes lebih lanjut.

gue coba cariin gambarnya yak bentar, buat sekedar bayangan aja… errrr gini deh, gue foto aja deh tiga-tiganya, biar keliatan banget bejejer ukurannya kayak gimana…. eh, ga jadi ah.. repot, duh belum nemu cara yang praktis nih buat upload gambar sendiri.

sbh54 suaranya cukup keras, enak buat jadi miniphone gitu, walaupun menurut gue agak canggung megangnya, masih enakan sbh52, tapi kalo buat dikantongin atau buat jepitan dasi, sbh54 lebih cakep. warnanya juga beda, lagi ngetren ya kayaknya space grey gitu, kalo yang dulu2 sony demenannya piano black yg glossy gitu.

lain-lainnya standar sony, ada NFC, oh iya, bluetoothnya versi 3, multipoint (belum diselidiki lebih lanjut kayak mw600 ga multipointnya), terus oh iya, buat manfaatin fitur notifikasi harus install aplikasinya sbh54 di playstore. tampilannya lebih lolipop kalo menurut gue, pake card kayak google now gitu, dan tampil sebagai aplikasi, bukan background service seperti smartbandtalk.

kalo buat denger lagu, ya bisa langsung atau pake headset 3,5mm-nya. ini gue juga belum coba karena males aje :p. apalagi ya? hmmmm… lumayan bermasalah juga kalo konek sama acer e700, karena suka diskonek sendiri, dan fitur notifikasi somehow tidak berfungsi.

ya udah lah, sementara itu dulu deh, terus terang bener2 ga nyangka bthf dengan bentuk dasar seperti mw600 bakalan keluar lagi. keren lah, plus gue suka ada fitur vibrate-nya, dan vibrate-nya juga lumayan kenceng, berasa.

sekian dulu, salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *