Sony Smartband Talk vs Fitbit Charge HR vs Garmin Vivosmart HR

wuih… judulnya… seru aja… pake ve es ve es an segala… tadinya mau bikin judulnya perbandingan smartband fitness tracker… tapi kok rasanya judulnya kurang provokatif kalo kayak begitu :p jadilah terus gue pikir untuk bikin judul sebagaimana tersebut di atas 🙂

anyhow….kenapa gue kepikiran buat nulis ini, well, jadi begini ceritanya. berawal dengan smartband pertama yang gue punya adalah sony smartbandtalk, great piece i said, ini barang asik. bisa jadi bluetooth handsfree, walau model speakerphone gitu, alias suaranya kedengeran lah sama orang lain kalo di ruangan sepi, terus bisa deteksi otomatis kalo lagi jalan, lari, tidur, naik sepeda, atau lagi naik mobil. how? gak ngerti, punya akurasinya rada lumayan. terus layarnya pake e-paper, irit batre, bisa bertahan sampe 3 harian,

minusnya gak ada lampunya, jadi kalo di kegelapan, ya ga keliatan, perlu bantuan cahaya eksternal (baca: lampu, sinar matahari, dan lain sejenisnya). terus belum ada heart rate monitornya.

notif-nya paling asik, bisa baca lumayan panjang. prinsipnya, semua notif yang muncul di hape bisa dibaca lewat si smartband talk ini, tapi tulisannya rada kecil-kecil, tapi enak. terus kalo terima telpon ada notifnya, bisa dijawab langsung di smartbandtalk (ingat, bisa berfungsi sebagai bluetooth handsfree), bisa juga direject, atau di mute. kalo kita melakukan panggilan keluar, muncul juga di layar si smartbandtalk ini. layarnya bukan touchscreen, tapi memanfaatkan sensor akselerometer kayaknya, jadi layar bisa di tap yang agak kenceng (bukan swipe layar)… unik lah ni produk.

untuk make ini produk, optimalnya pake hape android, gue gak tau deh update terakhir bisa pake iphone apa enggak, anyhow hape gue android juga sih soalnya.

setelah sekian lama pake smartband talk, terus jadi pengen yang punya heart rate monitor. disinilah smartbandtalk ga bisa ngapa-ngapain. smartband yang ada heart rate monitornya juga gak banyak, salah satunya adalah fitbit charge HR. seperti yg pernah gue tulis sebelumnya, fitbit charge HR ini looks-nya oke, dan fiturnya buat activity tracker daily juga lumayan. hitungan langkah cukup akurat, HRM (heart rate monitor)nya juga ya ga tau deh, soalnya gue ga punya yang HRM yang chest strap, jadi ga bisa bandingin. lumayan lah buat tau-tauan. ga asiknya proprietary charger dan ga bisa diajak berendem/berenang. terus notif-nya cuma bisa nampilin telpon masuk aja, itupun sebentar, dan gak kompatibel sama semua hape.

penasaran pengen cari smartwear/band yang bisa diajak berenang, akhirnya nyobain garmin vivosmart HR. asik ini. ukuran oke, ada HRM optikal, ada layar touchscreen, bisa skrinlock, ngukur jumlah steps/langkah juga lumayan akurat, keren. tentu saja proprietary charger, alias bukan micro USB, artinya nambah lagi jumlah jenis kabel charger di rumah gue :(.

ketiga produk di atas yang gue bandingin adalah yang jenis smartband/gelang, bukan model jam ya. pengertian smartband ya bener2 kayak gelang, kalo smartwatch kan lebih gede bentuknya. ketiga-nya non-gps base, masing-masing dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

intinya, kalo pengen bisa teleponan pake smartband via bluetooth kayak pelem-pelem gitu, the one and the only yang bisa diantara ketiganya cuma smartbandtalk. charger micro USB okeh, layar e-paper okeh, tapi ga bisa diliat kalo gelap-gelapan.

kalo dari segi looks/stylish, gue pilih fitbitcharge HR. fitur-nya juga lumayan lengkap, tapi layarnya kecil bingits, minim informasi, tapi tetep looks-nya paling oke diantara ketiga produk.

kalo dari segi fungsi/fitur, gue pilih garmin vivosmart HR. why? layarnya lebih fungsional, bisa dibilang setara dengan smartbandtalk, tapi bisa dilihat di kegelapan, ada HRM, notif telpon dan notif yg di hape juga bisa diintip, dan bisa di ajak berenang.

dari segi harga, seinget gue saat ini smartbandtalk sony sekitar 1,8jt, fitbit charge HR sekitar 2,2jt, garmin vivosmart HR juga sekitar 2,2 jt, kurang lebih setara. jadi kembali ke masalah selera dan kebutuhan. kalo suka tiga-tiganya, ya beli aja tiga-tiganya 😀

gambarrr…., boleh nyomot dari internet, as usual, sama deh sama yang gue pake, dan kali ini pengen nyari gambar yang ada orangnya :p

sony smartband talk

fitbit charge HR

garmin vivosmart HR

sekian 🙂

akh…… ntar deh, ini foto kok gedean orangnya daripada produknya, bentar… cariin gambar yang lebih bagus lagi…keliatan real produknya seperti apa

smartbandtalk

fitbit charge HR

garmin vivosmart HR

nah… baru deh… sekian

salam smartband

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *