Smartband talk SWR-30

Halo,

Gak terasa blog ini umurnya udah mau satu tahun, atau satu tahun ya? untuk memastikannya, gue harus liat first post-nya, tapi berhubung gue lagi mau nulis dulu, jadi nanti aja ya kita pastikan tanggal berapa sebenernya blog ini berulang tahun.

eniwei, still, happy anniversary, tetap semangat nulisnya.

Kali ini, gue mau ngebahas tentang android smartwear…err… gak juga sih sebenernya, tentang band… gelang ya, bukan grup band yang suka manggung bawain lagu-lagu, dan gelang bukan juga karet gelang, tapi smart band, kenapa dibilang smart? karena dia band… eh… maksud gue, dia band yang smart, gelang yang cerdas, satu keluarga atau mungkin juga sekedar sepupuan sama smartphone, ponsel yang cerdas. sama cerdasnya, tapi smartband ini kecerdasannya lebih terbatas.

cukup ngelanturnya, sekarang mari kita bahas dengan lebih ngawur lagi.

apa sih smartband itu?… errr… kalo penulis inget-inget (cieee…. penulis… suitsuiw…), trend smartband ini kalo gue gak salah ya, soalnya beneran dulu gak terlalu merhatiin banget, tapi tau ajah….. pelopornya adalah jawbone UP. gelang yang ada sensor/chip atau apapun lah yang ada di dalemnya, gelang ini somehow bisa memantau/memperkirakan jumlah langkah kita, terus waktu kita tidur, dan aktifitas lainnya. artinya, ini gelang memang harus dipake terus-terusan, yaa… gak harus juga sih, tapi memang tujuan gelang ini adalah untuk mengukur aktifitas kita sehari-hari, yang diukur tentu saja yang bisa diukur sama gelang ini. kalo jawbone up, yah.. berhubung gue gak pernah punya dan pake, jadi gak tau deh dia bisa ngapain aja, tapi kalo dibaca2 sih, yah memang untuk mantau yang gitu2 sih, waktu tidur, jalan, de el el.

udah, cukup ngalor ngidulnya, sekarang kita masuk ke swr-30

kita mulai dari fungsinya, seperti penjelasan umum sebelumnya, smartband talk ini adalah gelang pintar, yang ada juga yang bilang istilahnya adalah fitness tracker (dari segi fungsi), ya karena yang di track (pantau) adalah fitness-nya (kebugaran) yaitu aktifitas jalan kaki dan tidur. how? gue masih belum mempelajari lebih lanjut.

yang pasti, smartbandtalk ini kalo menurut gue perpaduan antara fitness tracker, bluetooth speaker handsfree, dan smartwatch. oh iya, sebelumnya sony juga udah ngeluarin smartband juga, tapi gak ada display-nya seperti smartbandtalk ini, dan gak bisa jadi bluetooth handsfree juga, walaupun koneksinya sama-sama pake bluetooth.

baiklah, kita lanjutkan. fitur lain adalah adanya cip NFC, jadi untuk pairing buat hape yang ber NFC, seharusnya gak ada masalah. tapi kalaupun hape-nya gak berNFC gak masalah juga, bisa dikonekin manual sebagaimana biasa. kalo gue, gue pairingnya pake hape utama gue yang gue pake sehari-hari, adalah acer liquid e700.

oh iya, untuk menggunakan benda ini, di hape harus di install dulu  aplikasinya smartband talk. kalo gak diinstall, ya gak berfungsi secara optimal.

setelah konek pertama kali, ini nih…. hape-nya seolah-olah freeze, hang, gue coba di z1c juga gitu, bolak balik uninstall apps-nya, pair ulang, tetep kayak gitu. akhirnya prustasi, gue diemin aja. eh…. rupanya memang agak lama kayaknya proses kenalannya antara aplikasi, hape, sama smartbandtalk-nya, tau2 bisa tuh. mungkin ada proses unggah-unduh antara hape dan smartbandtalknya, sebelum aplikasinya dijalanin. tapi ya gak tau juga sih.. yang penting, jalan 😀

nah, yang menarik dari smartbandtalk ini, seperti gue bilang di awal, ada layarnya, lupa berapa inci. nah, yang menarik dari layarnya, adalah menggunakan teknologi yang disebut e-ink, atau tinta elektronik. teknisnya gue gak begitu paham, yang pasti, si smartbandtalk ini layarnya gak pake lampu/backlit sebagaimana layar hape pada  umumnya. pros-nya, tulisan terlihat jelas di terik matahari sesiang apapun, eh… kebalik, maksudnya tulisan tetap telrihat jelas di siang hari seterik apapun sinar mataharinya, setingan layarnya cukup sederhana, pilihannya background hitam tulisan putih, atau background putih tulisan hitam. nah, bagi penggemar warna warni tampil di layar, this product not meant for you. ini barang buat yang simpel2 aja, karena warna layarnya bener2 item putih aja. black and white. that’s it. resolusinya juga gak tajem2 amat, in fact, kalo diliat2 lagi, dengan mode background putih dan tulisan item, tulisannya bener2 kayak tulisan pulpen yang bleber-bleber gitu pinggirannya.

apa artinya gak pake backlit? dari segi umur, jelas listrik yang dibutuhin gak banyak, karena gak perlu energi untuk nyalain lampu. dengan kapasitas batre yang sangat kecil (kalo ga salah 70 mah), bisa bertahan klaimnya sony sih 3 hari, tapi based on my daily usage, max 2 hari, itupun kalo ga dipake telpon. kalo dipake nelpon, kayaknya max cuma 1 hari. hal lain adalah, karena gak pake backlit, ini layar gelang gak bisa diliat di kegelapan. misalnya, lagi nonton bioskop, nah… gak keliatan deh tulisan di layar gelang ini. untuk bisa membaca informasi yang tertera di layar gelang (tsssahhhh… bahasanya…), cahaya dari luar (lampu/matahari) mutlak diperlukan.

lanjut lagi, ini layar-nya bukan touch screen ya, jadi untuk berpindah halaman aplikasi, gak bisa model colek atau swipe layar. tapi somehow, dia ada sensornya untuk “ketuk layar”. jadi gini, misalnya nih, ada notifikasi di hape masuk, email masuk misalnya, nanti notifikasi itu akan diteruskan oleh hape ke si smartband talk, si smartband talk akan bergetar, dan akan muncul tulisan email from A misalnya, nanti kita bisa tap layarnya (harus agak kenceng/firm, bukan tap layar seperti layar hape kapasitif touchscreen ya), nanti akan muncul informasinya. informasi yang muncul (tulisannya), ya sebatas tulisan yang muncul di notifikasi hape android pada umumnya, if u know what i mean. oh iya, ini produk cuma bisa dipake dengan smartphone android, dengan minimal OS-nya kitkat alias 4.4.2. acer e700 gue pake 4.4.2 bisa berfungsi, kalo z1compact udah 4.4.4. berfungsi juga sih. entah nanti kalo diupdate ke lolipop.

baiklah, gue lagi gak males nih, berikut skrinsutnya ya

nah, itu di layar notifikasi, kalo konek, akan ada icon smartband connected, sama kalo udah install aplikasi lifelog, juga akan muncul tulisan begitu di notif screen.

 

nah, layar di atas itu kalo kita tap smartband talk, akan masuk ke setting seperti di atas, ada fitur menarik (biasa aja sih sebenernya, tepatnya berguna), locate smartband, jadi kalo lupa smartband ditaroh dimana, dari hape tinggal tap locate smartband, nanti smartbandnya bunyi. cukup kenceng kok suaranya.

nah, ini setting tab, untuk mengatur fitur2 yang mau diaktifkan atau enggak. notifikasi misalnya, kita bisa pilih notifikasi dari apps mana aja yang mau diterusin ke smartbandtalk, terus fungsi incoming calls juga bisa didisable, just in case emang maunya cuma buat sekedar jadi fitness tracker aja, tapi menurut gue sayang kalo fiturnya gak dipake, lha wong yang menarik itu karena bisa buat nelponnya itu. display color itu yang seperti gue bilang di awal, mau background item tulisan putih, atau kebalikannya.

 

nah, ini yang menarik, ada aplikasi, bilangnya sih watchface, kita bisa pilih aplikasi yang bisa diinstall (di hape) dan akan diakses via smartbandtalk. sederhana menurut gue, tapi oke. sebagai contoh, smartbandtalk (dengan aplikasi), bisa buat voice command (seperti siri di apple, model nanya gitu), terus bisa buat remote camera, yap, motretnya tap smartbandnya aja, bisa aja hape ditaroh di kantong atas, kameranya nongol, terus kita tinggal tap smartband buat motretnya. sayangnya, aplikasi kamera di hape harus dibuka dulu, baru fitur ini bisa berfungsi. gak bisa dalam posisi hape screenlock, terus kita tap aplikasinya smartband, terus awake kameranya en siap motret. another sayangnya adalah, di acer gak berfungsi, jalannya so far baru di z1compact ajah. dohhhhh.

aplikasi lain ya weather, terus pilihan interface jam-nya juga ada beberapa, sama track ID buat cari tau lagu yg didenger judulnya apa dan penyanyinya siapa.

gitu… apalagi ya yang bisa dibahas. oh iya, fungsi teleponnya. jadi gini, misalnya kita terima telpon, akan ada notifikasi di layar smartbandtalk (nomer atau nama penelpon kalo udah disave di phonebook), kita cukup tekan tombol kanan bawah (yang kecil) di smartband talknya untuk answer phone, nanti tinggal ngomong deh pake gelangnya. suaranya sih cukup jelas ya, kalo buat ngobrol di ruangan, gak tau deh kalo di keramaian kayaknya agak2 susah kedengeran. sisi lawan bicara kalo gelangnya dideketin ke mulut sih suara kayak nelpon biasa, tapi kalo dijauhin, ya jadi agak jauh suaranya, tapi overall jelas.

ah iya, gue beli yang warna hitam, ada juga warna putih, tapi gue prefer yg warna hitam. terus sony juga jual strap pengganti warna warni, kalo ga salah ada biru merah sama ijo deh. kapan2 mau beli ah kalo ada rejeki tambahan.

oh iya, ini kenapa gue beli, karena turun harga bos. dari 2,4 juta, jadi 1,4 juta… lumayan diskonnya. dan harga smartband generasi pertamanya… errr…. masih 1,2 juta. well…. you can tell by yourself 🙂

sekian dulu. masih ada beberapa banda (gadget) menarik yang mau gue tulis lagi disini. tapi nanti ya 🙂

salam

waiiit… balik lagi, nambahin dikit. barusan si smartbandtalk misah agak jauh sama acer e700 (baca: gue ke toilet, tapi hape ditinggal di meja). pas balik lagi, gak mau auto konek. blah. habis itu gue coba tap locate smartband (lihat gambar di atas), eh… terus dia konek, dan smartbandnya bunyi dan bergetar. artinya… yang penting dalam keadaan nyala ya smartbandnya, gak harus konek, untuk locate smartband bisa dilakukan pada saat lagi gak konek blututnya.

satu lagi, barusan gue coba background putih tulisan item, begitu dimatiin (coba restart smartband karena tadi gak mau autokonek)… eh… background putihnya tetep lho. jadi kalo pilih background item, terus di matiin… backgroundnya tetep item juga. lucu nih e-ink. menarik.

oh iya, sama satu lagi aplikasi yang menarik disini adalah tag. jadi smartband talk ini bisa kita jadiin semacam gelang ID gitu, kayak di rumah sakit, atau emang buat ID kita kalau misalnya kita lagi olahraga gak bawa dompet dan KTP (biasa kan, anak jaman sekarang, olahraga bawanya gadget malahan 😛 ). nah… di displaynya kita bisa isi informasi apapun, dikit sih jumlah karakter yg bisa dimasukin, tapi lumayan, gue sih masukin nama, nomer telp rumah, sama alamat. buat emergency sih intinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *