Silverlit Nano Falcon AH : Micro Helicopter Auto Hovering

Ini helikopter toys yang baru gue beli beberapa hari yang lalu, sebenernya sih tadinya uda agak males mau beli heli remot lagi, tapi diliat2, yang ini lucu juga, karena di silverlit kategorinya masuk nano helicopter (kecil bingits)… tapi ada fitur auto hovering.

gambar dicomot langsung dari websitenya silverlit. sebelumnya gue udah pernah beli juga sih, nano falcon yg generasi pertama, warna biru, tapi gak ada fitur auto hoveringnya, nanti kapan-kapan gue bahas deh.

yang menarik dari nano series-nya silverlit adalah ukurannya yang kecil. kalo dari websitenya, katanya panjangnya sekitar 65mm atau sekitar 6,5cm… entah dari mana ke mana ngukurnya, tapi emang ditelapakan tangan gue sih muat banget. nah.. karena ukurannya yang kecil ini, maka cara ngecasnya juga enak… tapi ga enak juga sih… antara enak dan ga enak deh. enaknya gini, praktis, di remote-nya itu ada colokannya langsung buat ngecas. colokannya sih model nokia jadul gitu deh, dan gak ada kabelnya, jadi heli-nya pas ngecas langsung nangkring di remot-nya gitu.

perhatikan remotnya di kanan bawah, nah itu bisa ditekuk ke atas colokannya, dan karena karena port cas di helinya posisinya di bawah, jadi heli-nya nangkring di atas remotnya kalo lagi di cas. gak enaknya, ya gitu, gak ada kabel, jadi cas harus sama remot-nya terus, tapi ya wajar sih, gak mungkin juga ni heli dipisahin sama remot-nya, kalo enggak maeninnya gimana coba. kalo lagi dicas, posisi switch di heli-nya harus posisi off, dan kalo habis maen, disarankan nunggu 5 sampe 10 menit dulu.. baru mulai ricas lagi. oh iya… remotnya pake 4 batre ukuran AA. so far sih gue udah 4x mainin (artinya 4x ricas), dan batre-nya masih¬†belum minta diganti (pasangin alkalin sih).

okey, spesifikasi singkatnya, dual blade, remote-nya pake IR, artinya penggunaan indoor, dan liat gambar remot lagi, sebelah kiri ada joystick untuk atur throtle (naik turun tinggi terbangnya heli), sebelah kanan joystick untuk maju mundur dan kiri kanan. disebelah tengah ada tombol tulisannya auto take off… nah.. inilah tombol auto hover. hover itu kalo di dunia helikopter istilahnya melayang… gak maju2 atau mundur2.. pokoknya berusaha stay deh. tapi jangan dibayangin bener2 bisa stay di tempat itu2 aja ya, auto hover disini maksudnya si heli ini di bagian bawahnya punya sensor (mungkin irda), yang bisa mendeteksi kalo ada benda di bawahnya. logikanya, kalo sensornya mendeteksi suatu benda dibawahnya, maka akan langsung otomatis throtle naik (helikopternya naik sendiri). gampangnya.. heli dicas, begitu udah penuh tinggal taroh di lante, teken tombol auto take off.. nah.. terbang sendiri deh dia, gak bakalan terlalu tinggi atau kecepetan sampe mentok langit2 ruangan (beginner fault biasanya nih :p ).. pokoknya joystick sebelah kiri gak kepake deh. jadi tinggal mainin joystick yang kanan aja terus.. sampe batrenya abis sendiri. nah… dari ful cas sampe batre abis bisa terbang sekitar 5 s/d 7 menit. ngecasnya sendiri gue ga ngitungin. asiknya… dia akan turun dengan sendirinya pelan2…. dan kalo udah sukses mendarat, baling2 utamanya akan mati sendiri (batre abis). jadi cuco deh buat males-malesan gitu ni heli.

gak pake auto take off juga bisa sik, standar, tinggal throtle dinaikin pelan2, terus as usual deh… ditengah2 mau switch dari manual ke auto hover juga bisa, dan sebaliknya, tinggal teken tombol auto take off itu aja.

ngomongin pergerakannya sendiri ga begitu lincah ya, lamban responnya, tapi cukup lah kalo buat sekedar maen iseng bengong, asal jangan ngarep bisa gerakan akrobatik. pokoknya ini heli lelet santai abis.

o iya, ada lampu led di bagian depan, sebagai penanda kalo heli-nya nyala, kalo batre abis juga lampunya bakalan mati.

cocok lah buat  yang pertama kali pengen ngerasain punya helicopter remot, yang easy to use. looksnya juga oke buat gue, gue sendiri seneng kalo kaca kokpitnya warnanya hitam, kesannya serius gitu, kalo warna terang atau warna biru itu kurang gimanaaa gitu.

salam RC toys

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *