Seagate Wireless Plus Review

jadi inget, ini banda gue beli udah lumayan lama. jadi gini ceritanya.

sejak mulai kecanduan a.k.a addicted download pelem-pelem baik HD maupun full HD via torrent dengan menggunakan router asus RTN-16U yang ada di kantor (keterangan redaksi: pada saat itu, RTN-66U sudah ada dirumah, tapi internetnya masih pake 3GSM, bukan speedy unlimited sekarang ini, jadi kegiatan mendownload via torrent dilakukan dengan internet di kantor, di mulai dari jam 7 malam sampai jam 7 pagi)., di mana HDD yang di kantor mulai banyak berisi pelem2 donlotan, di mana gue ngerasa udah harus dipisahkan pelem-pelem itu dari HDD kantor yang isinya kerjaan, maka gue memutuskan untuk cari2 portabel HDD lagi.

pada saat lagi nyari2 (via internetlah)…. eh… kok ya ketemu produk yang namanya seagate wireless plus ini. kapasitasnya sih 1TB saja lah cukup, itu juga gak abis2 udah puluhan pelem (mungkin ratusan) yang udah gue copy kesitu. coba2 cari review-nya, menarik juga. prinsip dasarnya gini, si seagate wireless plus ini (selanjutnya kita singkat jadi swplus aja ya)…. ada build-in wifi-nya. dia bisa jadi wireless portable storage. gimana ya ngomongnya…. gini….. si swplus ini bisa memancarkan sinyal wifi, jadi komputer yang pake wifi bisa konek melalui wifi ke si swplus ini, sebagaimana komputer konek ke router wifi. tapi koneksinya kalo dari komputer ke swplus langsung jatohnya jadi ad-hoc, eh… enggak sih…. bisa beberapa komputer sekaligus kok. jadi bukan adhoc, beneran jadi router.

nah, kalo via hape android, ada aplikasinya buat akses file di swplus ini. nama aplikasinya seagate media. tapi gue jarang banget pake-nya, kurang praktis buat pemakaian kebutuhan gue di rumah.

ada beberapa kombinasi pemakaian untuk si swplus ini. yang pertama adalah si swplus ini jadi mini router. nyalakan swplus-nya, nanti swplus akan memancarkan sinyal wifi, komputer (atau phone/tablet) yang ada build in wifi tinggal konek ke SSID-nya si swplus ini. bisa max 5 komputer kalo saya gak salah. terus dari komputer gimana cara aksesnya? kalo gue biasanya pake buka run di apps windows, terus habis itu ketik ip address-nya si swplus. nanti akan muncul di windows explorer, habis itu tinggal buka deh file-nya. nah, ini metodenya jadi bisa streaming gitu. buka pake web browser juga bisa, tinggal masukin alamat/ip addressnya aja, nanti akan muncul web-interface-nya dia. tapi seinget gue, modelnya nanti download ke lokal komputer, baru habis itu bisa nonton, jadi gak bisa streaming gitu. kalo gak salah ya… lupa soalnya, udah lama banget gue gak utak atik.

nah, permasalahan berikutnya adalah, kalo lagi konek ke swplus, terus gimana dong koneksi internetnya? kan si swplus gak ada koneksi internet, gak ada colokan LAN, gak ada colokan sim card? yah… ini udah dipikirin sama seagate, jadi di settingannya ada pilihannya buat si swplus biar bisa konek ke wifi lain (yang ada internetnya).

nah, disinilah terus gue mulai coba-coba bereksperimen. jadi pertama kompie gue konekin dulu ke swplus, terus disettingnya gue bikin internetnya swplus konek ke router RTN66U, dan ternyata, di RTN66U si swplus dikenali sebagai client. gue gak ngerti bagaimana dan protokolnya seperti apa, yang jelas, dengan kombinasi seperti itu, TV gue (sony yg build in wifi), itu gue konekin ke router RTN66U, dan pas gue buka media player-nya, ternyata terdetect sebagai source yg berbeda. oh iya, sekedar info aja, di TV gue juga ada HDD yang nyolok langsung ke TV, jadi ada 3 source pada saat gue buka menu media player di TV. source pertama HDD yang nyolok ke tipi via USB (HDD transcend 1GB), source kedua adalah HDD yang nyolok ke router (HDD sony 1GB), dan source ketiga adalah swplus yang koneknya ke router via wifi. well, i have tons of videos in those three HDD 😀

karena ada build in batre-nya sendiri, biasanya gue nyalain si swplus kalo sabtu minggu aja, posisi dicolokin setrum. pas hari senin gue copot listriknya, biar swplus jalan pake batre aja, ntar kan mati sendiri, sekalian biar batre-nya terlatih dan gak ngedrop.

oh iya, balik lagi ngebahas si swplus ini, jadi si swplus ini selain via wireless, juga bisa dicolokin kabel langsung seperti biasa. kabel USB3 tepatnya, dan ada adapternya bentuk kotak gitu dicolokin ke bagian atas si swplus, jadinya HDD-nya keliatan agak lebih panjang. but it still looks ok for me. nah, minusnya, kalo lagi dicolok manual via kabel USB3 ke kompie, maka si fasilitas wifi-nya si swplus gak bisa dipake. entah memang gak bisa, atau sengaja dibikin gak bisa. kalo lagi dicolok pake USB3 ke kompie, speed transfernya juga okeh, cepet enelan, karena USB3 sih ya, makanya dulu juga bela2in cari ultrabook yang udah ada port USB3 nya dua biji, jadinya ya si vaio pro 13 itu, sebagaimana pernah gue tulis disini.

rasanya itu aja sih yah bisa diceritain. kualitas streamingnya oke, so far gak pernah lag kalo nyetel dari tivi, ataupun dari tablet/hape. dan gue gak pernah pake aplikasi bawaannya sejak gue bisa konekin manual gitu :D. kalopun dari hape, biasanya gue aksesnya dari es file explorer, karena es file explorer udah support untuk buka file network. keren dah ni apps. nanti kapan2 gue bahas tentang es file explorer ini.

segitu aja dulu

salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *