Review: Sony Walkman NWZ WS610 – walkman tahan air gen-2

Nerusin yang kemaren, mumpung lagi sempet nulis-nulis, kita coba ya untuk bahas generasi berikutnya dari mp3 player bikinan sony yang bisa diajak berenang dan nyelem ringan di kolam renang, adalah sony walkman NWZ WS610…. yang (gue anggep) merupakan penerus dari walkman NWZ 273 S. kenapa penerus? karena bentuk/form factornya mirip-mirip.

seri baru, biasanya disertai dengan fitur baru. nah… disinilah si WS610 lebih menarik daripada W273. dimulai dari yang paling sederhana, kapasitas storage WS610 itu 16GB sedangkan W273 4GB. signifikan lho ini. yang kedua WS610 sudah ada bluetooth yang artinya bisa berfungsi sebagai bluetooth handsfree (BTHF), beda sama W273 yang murni mp3 player. selain bisa dipake buat nelpon, salah satu keunggulan WS610 adalah bisa punya 2 source music database, yang pertama yang disimpan di internal storage WS610, yang kedua adalah lagu2 yang disimpan di hape/ponsel/hh yang konek via bluetooth dengan si WS610. dan seperti biasa, sony, di mana ada bluetooth device, gak pernah lupa nempelin fitur NFC buat kemudahan pairing dengan hape/hh yang ber NFC juga. ah ya, satu hal lagi, di WS610 ini Sony juga ngasih controller (buat volume, majuin mundurin lagu, play, pause, dan gue lupa, bisa buat terima/reject telpon masuk apa enggak) yang bentuknya seperti cincin, dan emang dipakenya di jari sih. ini tujuannya sih lebih ke buat yang olahraga lari, kalo mau ngecilin gedein volume atau pindah lagu gak perlu repot2 pegang WS610-nya yang di kuping cari-cari tombolnya :D. dibilang berguna iya juga, tapi enggak juga (buat gue ya), karena gue makenya buat renang ato sepedahan (me no running). jadi ya buat lucu-lucuan aja deh controller ring ini.

gambar yuk, comot dari internet, pas lagi dipake dikuping, dicari yang enak diliat gambarnya

nah tuuuu, kurang lebih seperti itu,  yang gue punya juga warnanya kayak begitu persis. kalo ring controllernya gambarnya seperti di bawah ini:

 

 

 

 

 

nah.. gitu, kembali lagi, kualitas suara sih errr… lupa.. kayaknya sih sebelas dua belas lah… lagian juga kembali lagi karena gue makenya sambil renang, dan pake karet in-ear yang khusus buat renang (lihat tulisan gue yang di NWZ 273), ya gitu deh. overall oke lah tapinya.

buat charging dan transfer lagu ya sama juga kayak NWZ 273, pake docking/cradle khusus, berikut gambarnya

gambar boleh nyomot dari internet ya.. warnanya gue cari yang item gak ketemu, tapi kalo docking/cradlenya sih kayaknya sama semua warnanya item.

dan berikutnya adalah foto sebelahan, antara W273 sama ws610

nah, keliatan kan perbedaan ukurannya, menurut gue sih lumayan beda ukurannya karena dipasangnya di kuping, jadi keliatan banget sih gedenya, apalagi kalo dipakenya sebelahan gitu. begh… tapi kalo urusan fit di kuping, gak copot2.. so far oke dua2nya, yang penting pemilihan earbud (karetnya).. disesuaikan sama kuping masing-masing, kalo kekecilan ya gampang lepas dan masuk air juga gampang, jadi memang harus trial dan error, ada kemungkinan juga earbud-nya itu yang kanan pake size L, yang kiri pake size M, bisa aja. pokoknya cari yang paling nyaman buat dipake aja. kalo gue sih yang size M biasanya cocok-cocok aja dan emang cocok.

sementara gitu dulu, nanti dilanjut sama seri selanjutnya yang BTR-1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *