Review Sony Walkman NWZ W273S: Walkman tahan air – 1st gen

ah… udah hampir setaon gue udah punya ini barang, tapi lupa melulu buat ditulis disini.

awal mulanya adalah karena gue kena HNP dan sempet kumat, sama dokter disarankan untuk berenang seminggu tiga kali, dan akhirnya sekitar taun lalu mulailah gue berenang seminggu tiga kali, pulang kantor, nebeng berenang di fasilitas apartemen bos gue di daerah thamrin.

tadinya sama temen-temen, jadinya enak rame bisa ngobrol, tapi seperti kebanyakan lainnya pada umumnya… rontok satu demi satu dan akhirnya cuman gue doang yang masih konsisten untuk berenang, selain emang karena disuruh dokter, gue ngerasain sendiri kok manfaatnya olahraga rutin berenang seminggu 2 – 3x, beda, badan lebih enteng, lebih seger, cuma emang malesnya itu buat ke kolamrenangnya.

enihow… singkat cerita, karena mulai berenang sendiri, kepikiranlah untuk cari-cari, ada gak sih music player yang bisa dipake sambil berenang… dan ternyata… kembali lagi… sony…. ternyata udah buat, ya si NWZ W273S ini. duh susah amat ya kodenya, kita sebut si walkman ini deh.

yang gw beli warnanya biru item, karena gw pikir buat renang aja sih makenya.. lebih matching gitu sama baju dan celana renang gue yang didominasi warna biru gitu juga.. tsahhh…

gambar pertama (gambar boleh nyomot dari internet, tapi ini emang yg gue pake)

nah, kalo dipake di kuping, kurang lebih keliatannya seperti ini, cari yang modelnya enak diliat ah….

nah… tuh… gitu. untuk kabelnya bahannya dari karet dan cukup tebel, dan agak kaku.

spesifikasi: not much, yang pasti bisa diajak nyelem di kolamrenang, internal storagenya 4GB, cukup lah buat diisi lagu mp3 yang bitrate 320kbps.. udah okeh. membaca manual sangat disarankan, karena untuk mengoperasikannya ada baiknya baca manualnya dulu supaya tau fungsi tombol2 yang ada, walaupun gampang sih, karena emang cuma ada tombol power, play, volume up down, ff/rw, sama bisa pilihan shuffle play atau urut folder.

ini benda enak juga dipake buat olahraga darat, karena ya materialnya dari plastik glossy, good quality i said, ukurannya juga kecil, dan keliatannya sweat proof.. kalopun keringetan ya gampang, bersihinnya tinggal di bilas pake air keran.

nah… karet earphone-nya itu ada 3 size kalo gak salah (Small, Medium, Large), dan terdiri dari 2 jenis, yang pertama yang standar, yang kedua khusus buat renang. kenapa yang buat renang khusus? ya karena ada membran tipisnya di karet in ear-nya yang buat menghadang air masuk ke in-ear speakernya. akibatnya? terjadi penurunan kualitas suara, dari sisi bass maupun clarity, but hey…. ini kan denger lagu buat sambil renang, yang penting ada hiburan lagu-lagu pas lagi renang, lumayan lho daripada cuma denger suara air blebeg blebeg… dan ga mungkin juga kan minta hiburan nonton video sambil renang, hiburan yang paling memungkinkan buat sambil renang itu ya cuma denger lagu. titik. dan gue memang selalu pasang karet earphone yang buat berenang, karena emang gue gue pake gadget ini pas lagi berenang aja, kalo lagi dirumah mah mending pake backbeat go pro.. lebih puasss… dan kalo lagi sepedahan bisa pake jabra pulse, ada Heart Rate Monitor yang bisa dibaca sama endomondo. pas jadinya.

singkat cerita, okelah buat diajak berenang, cara pemakaian sebaiknya perhatikan buku manual, ada caranya supaya dipakenya nyaman, dan udah gitu cara ngelepasnya juga ada. terus precaution kalo misalnya suaranya tiba2 kecil, jangan panik, itu kemungkinan air masuk dikit, tapi gak rusak kok, bisa ada caranya di tepak tepak gitu biar airnya keluar, nanti juga jelas lagi suaranya.

batrenya… errr…. mungkin bisa bertahan sekitar 4 jam ya, gue biasanya 3x renang pas yang ke 4 tiba2 matek. yes… sony… kasih kode kek kalo udah lowbatt, bunyi bip bip gitu, atau biar lebih enak tambahin low battery. masukin suara power on, power off, shuffle on, shuffle of bisa, tinggal tambahin low battery masa ga bisa.

nah… kalo udah abis batrenya.. ini ritual yang paling nyebelin. ngecas. kenapa? karena dia tahan aer, dan gak pake micro USB, sony (kembali… again and again…) menggunakan proprietary port untuk charging. magnetik charging yang emang udah terbukti tahan air, dan docking khusus untuk chargingnya. yes… gak salah baca… docking khusus. i hate this, tapi gue belum nemu mp3 player yang tahan aer lagi yang bisa dibeli di indonesia.

bentuknya kalo dipasangin docking chargernya seperti ini:

nah, seperti itulah, nanti ada lampu indikatornya keliatan nyala kalo lagi ngecas.

terus… bisa dikonekin sama hape gak? jawabnya adalah enggak, karena ini bukan walkman ber bluetooth. nanti yang pake bluetooth ada generasi selanjutnya adalah NWZ WS610, nanti akan kita bahas lebih lanjut. jadi untuk walkman yang ini gak bisa konek ke hape ya, karena dia bukan bluetooth handsfree.

terus.. ngisi lagunya gimana? ya itu charger kan pake usb port, tinggal colokin USB-nya ke komputer, tapi jangan lupa walkmannya dipasang di dockingnya ya… nanti akan kebaca seperti flashdisk, dan tinggal copy paste deh lagu2 favoritnya.

gue demen sama barang ini karena ya bisa renang sambil denger lagu, kapasitas 4GB cukup lah buat mp3, terus kualitas suara juga so so, yang penting bisa diajak renang. batre lumayan oke.

yang gak oke ya itu, chargingnya repot, harus bawa cradlenya terus kemana2, biasanya ini barang gue tinggal dimobil terus, kalo pun abis, gue ngecasnya pake powerbank yang gue tinggal di mobil juga hehehehehe.

oh iya, dari segi ukuran, si WS273S ini paling kecil dibanding adek-adeknya, karena seri berikutnya WS610 itu ukurannya lebih gede dari ini,

dan seri lanjutannya lagi (gue nganggep seri lanjutan karena bentuk dan modelnya mirip2, khususnya bagian neck-nya)… lebih bongsor lagi, yaitu SSE-BTR1 karena ya gitu deh, additional feature ada heartbeat rate monitornya… dan lebih dikhususkan buat penggemar lari.

ntar deh, kapan2 gue jejerin tiga2nya terus gue foto, keliatan banget bedanya.

enihow back to nwz273, it’s a good companion for me during my swimming excercise, dan lebih nyaman karena ukuran bonggolnya gak segede2 adek2nya yang laen, walaupun WS610 dan BTR1 juga tahan air juga (baca: bisa diajak renang dan nyelem di kolam renang).

sekian dulu, nanti berikutnya gue bakal nulis WS610 dan BTR1

salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *