Review: Sony SSE-BTR1 aka B-Trainer – walkman buat lari – tahan air – 3rd gen

lanjut lagi, ngebahas seri walkman tahan air dari Sony, setelah W273S dan WS610, seri selanjutnya (asumsi gue aja sih, balik lagi.. karena bentuknya mirip-mirip) adalah SSE-BTR1 yang kalo mau gampang di inget, Sony nyebutnya B-Trainer.

gambar:

gambar nyomot dari internet, tapi yg gue beli ya yang itu… warna item… keren itemnya doff gitu.

apa sih yang menarik dari si B-Trainer ini? well.. sebetulnya sih sama aja ama seri sebelumnya si WS610, mp3 player, dengan internal storage 16GB, bluetooth handsfree, NFC, tapi ada penambahan fitur yaitu build in GPS, dan build in Heart Rate Monitor (HRM). kalo ngeliat peruntukannya, memang sebenernya diutamakan buat yang hobi olahraga lari (sekarang lagi ngetrend kayaknya)…. di mana secara sederhana ilustrasinya seperti ini, sambil lari dengerin lagu (yang disimpen di internal storage), nanti bakal ada suara yang menginformasikan tentang berapa bpm heartrate kita, terus pace (kecepatan rata-rata per menit), terus jarak yang sudah ditempuh, sama kalori.

kalo yang udah familiar olahraga sambil bawa smartphone dan install endomondo…. nah… ini kurang lebih seperti itu, tapi bedanya kalo B-Trainer ini bisa dipake tanpa perlu bawa handphonenya. ilustrasinya.. ya lari aja pake B-Trainer sambil dengerin lagu, ga usah bahwa hapenya, pas sampe rumah baru nanti si B-Trainer akan sync ke hape-nya tentang informasi aktifitas larinya (rute, pace, kecepatan rata-rata, jarak, dan heart rate). sebelumnya disclaimer dulu, karena olahraga gue bukan lari, jadi gue belum cobain buat lari, karena olahraga gue renang.. ya bakal gue coba pas buat renang, tapi belum dicoba sih.. ntar.. nunggu hari jum’at jadwal renangnya.

nah….sayangnya…. harusnya sony bisa nambahin lah paling enggak satu lagi pilihan olahraganya di B-Trainer ini… sepeda, secara teori sih harusnya bisa karena sama aja kan kayak lari, yang di track adalah rutenya, terus pace, kecepatan rata-rata, kalori, sama heart rate-nya. bisa sih di malfunction kan, cuma aneh aja nanti kalo gue pake b-trainer pas sepedahan, bisa lari dengan kecepatan rata-rata 18 – 20 kilometer per jam ntar dibilang curang gak lari… bisa ditarik jadi atlet maraton nasional gue :p

terus terang, selama ini yang agak menyebalkan dengan olahraga sepeda tapi mau mantau jarak tempuh, rute, de el es be (termasuk heart rate) ya itu, olahraga harus bawa hapenya. in my case, di sepeda gue beli lagi tempatnya buat hape yang gue taroh di setang, so far sih baik-baik aja (cuma dulu pernah z1c jatoh sampe 3x gara2 lewat jalan jelek tapi tetep ngebud, habis itu selalu gak pernah lupa pasang karet gelang biar hapenya gak loncat, karena pegangan hapenya cuma ngunci dari samping dan bawah, gak ada pegangan bagian atasnya, jadinya hapenya loncat waktu itu).

tadinya, fungsi tracking ini gue harapkan bisa gue lakukan dengan sony smartwatch 3 yang build in gps juga ) (bisa lihat tulisan gue tentang smartwatch 3 di kategori wearable device), dan endomondo juga udah support aplikasi buat android wear, tapi sayangnya kemaren pas nyoba, ternyata enggak bisa… hapenya tetep harus dibawa. fayah dah. gue pikir padahal asik juga kalo emang misalnya bisa, cuman pake W273S buat denger lagu sama pake sw3 buat tracking… ternyata gak bisa. err.. tapi belum coba my track sih… yang dari google. ah.. kok malah jadi bahas smartwatch 3.

balik ke topik, BTR1, alias B-Trainer…definitely jelas-jelas buat pelari lah, buat renang juga klaimnya bisa, tapi untuk fungsi bluetooth dan heart rate monitornya gak bakalan bisa dipake (karena yg pertama bluetooth gak tembus aer, gue pernah coba pake WS610 dengan bluetooth mode, dengerin lagu yang dari hape, tiap kali kepala masuk ke dalam aer, suara ilang) dan heart rate… yeah… lebih ga bisa lagi lah, pasti terdistorsi karena di dalem air, jadi sensornya gak bakalan akurat untuk deteksi.

ah iya….. ini adalah bluetooth handsfree (BTHF) kedua yang gue punya yang ada build in HRM sensor, yang pertama…¬† ya jabra sport pulse (bisa liat di tulisan gue di kategori bluetooth device), dan prinsipnya sama.. menggunakan HRM sensor yang di nempel ke dinding telinga, tapi kalo jabra pulse ukurannya mungil dan gak semencolok si BTR1 ini, ya karena jabra pulse juga gak ada build in internal storage 16GB dan gps.

ah ya… untuk B-Trainer-nya sendiri, kita harus download aplikasinya dari playstore, search aja b-trainer. ya mirip sama endomondo sih bener2, tapi olahraganya cuma lari doang, dan untuk mantau heartbeat rate-nya cuma bisa pake aplikasi ini aja, gue coba cari pake endomondo ga kompatibel. mungkin sama endomondo-nya belum dibuat, soalnya jabra pulse bisa dikonekin ke endomondo buat HRM-nya.

enihow, lumayan ribet makenya, karena banyak fungsi tombol yang harus dihafalin, dan gue juga belum rutin pakenya, yang agak nyebelin untuk fungsi shuffle play… kalo di W273S sama WS610 itu ada tombolnya dedicated, khusus gitu, nah.. kalo di BTR1, ternyata pake kombinasi dua tombol… gue sendiri belum apal. weleh deh, yang bikin bingung, karena fungsinya banyak, tombolnya dikit, jadinya ya gitu, harus mau gak mau ngapalin fungsi dan tombolnya. oh iya…. ada fitur voice memo- juga, jadi kita bisa ngerekam suara kita sendiri, misalnya mau bikin reminder apa, tinggal teken tombol tertentu (gue belum apal), nanti kita bisa rekam suara kita. untuk dengerinnya keliatannya sih harus via hape.

buat transfer lagu dari komputer ke PC sama juga, ada cradle khususnya. kali ini cradle-nya lebih ngirit, cantolan nya cuma sebelah aja, bentar deh, gue foto jejeran bertiga, sekalian sama mbandingin ukurannya.

errrr keliatannya lebih gede WS610 yak, tapi BTR1 keliatannya lebih panjang, ntar deh kapan2 gue coba foto lagi tanpa cradle-nya. dan gue juga belum ngetes apakah cradle WS610 bisa dipake buat BTR1 juga walaupun sepertinya sih gak bisa. kalo W273S sih jelas-jelas gak bisa, karena ukurannya yang kecil. makanya gue bilang waktu gue nulis W273S, gue lebih seneng sama ukurannya W273S karena pas aja gitu. gak terlalu gede.

apalagi yaaaa… sementara itu dulu deh, soalnya belum dipake bener2, cuma kebeneran waktu lagi agak luang, dan pengen nulis¬† yang satu tema gitu, dan gue pikir kan tiga walkman player ini emang belum pernah gue bahas disini. ntar ya diupdate lagi kalo udah dicoba pake secara optimal, saat ini masih belum sempet soalnya.

salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *