Review Garmin Vivosmart HR

eh iya, kok gue bisa-bisanya ya nulis yang urusan perbandingan sony smartbandtalk, fitbit charge HR, sama garmin vivosmart HR padahal gue belum bikin tulisan tentang garmin vivosmart HR. padahal udah lumayan lama juga makenya.

jadi ceritanya gini, bini gue kan demen pake fitbit Charge HR karena simpel, terus bisa ngitung langkah dan jumlah tangga yang dinaikin tiap harinya, karena tempat dia sering beraktifitas sehari-hari (baca: urusan kerjaan) itu sering harus naik turun tangga.

Nah… pada suatu hari yang cerah, yang bersangkutan memutuskan untuk berolahraga renang, dan nyemplung tanpa dosa karena dipikirnya fitbit charge tahan air. dan hasilnya charge HR tewas dengan suksesnya 🙁

gugling sana sini, yang mirip2 fitibit charge HR pada saat itu alias sebagai rival/kompetitor di kelas yang sama baik dari segi harga dan fitur, ya garmin vivosmart HR. comot gambar dari internet aaahhhh….

satu hal yang pasti, vivosmart HR ini bisa diajak renang, dan sudah confirm, tested by me, gak modar diajak renang.

gue beli yang warna biru navy, karena yang item udah susah nyari dimana-mana (di store/toko ya, bukan online). adanya itu ya udah beli aja deh, cicil 3 bulan, beli di harga 2,2 apa 2,3 juta lah gitu.

menarik, bukan fitur HR-nya, tapi lebih ke material wristband yang dipergunakan oleh vivosmart HR ini…. itu lembut dan elastis banget. best material buat wristband smartwear dari semua smartwear yang pernah gue jajal. asli enak.

salah satu alasan gue beli vivosmart HR ini karena di review-nya bisa diajak renang, harapan gue ada menu exercise/training buat renang, ngitung kalori dkk, ternyata enggak :(. tapi ya gpplah, lumayan yang penting renang uda bisa cuek pake vivosmart HR ini. buat dipake sepedahan… ternyata juga cuma bisa ngitung kalori (kira-kira) sama durasi sepedahan aja. pikir2… iya juga ya, karena kan gak built in gps… dan sebulan dua bulan kemudian gue baru tau ternyata garmin ngeluarin lagi vivosmart HR+, yes… tebakan anda tidak salah, dilengkapi dengan fitur built in gps :(. tapiiii.. harganya beda sejuta’an, kalo ga salah di 3,2 apa 3,3 juta gitu. well… agak aneh… karena dengan harga sekitar 3,5jt an, garmin juga ada produk vivoactive HR, yang udah ada gps juga, layar lebih gede, bisa diajak renang juga… kembali lagi masalah selera aja sih, kalo seneng yang model gelang, ya pilih vivosmart HR, tapi kalo mau model jam kotak, ya pilih vivoactive HR.

kembali ke vivosmart HR…fiturnya standar active. karena dia ada layar yang cukup gede, beberapa informasi bisa diliat lewat layarnya langsung, ga harus lewat hape. oh iya… aplikasinya buat sync dari vivosmart HR ke hape itu pake apps garmin connect, nanti connectnya via bluetooth, dan harus buat akun garmin lagi.. well, bisa pake facebook atau google account sih.

jumlah langkah, kalori, jumlah lantai yang dinaiki lewat tangga, jam, heart rate, music player, serta notifikasi yang di hape juga bisa ditampilin di vivosmart HR ini. ada telpon masuk juga muncul di vivosmart HR, dan bergetar juga. alarm juga ada. oh iya, vivosmart HR ini juga secara otomatis mendeteksi kita tidur, jadi gak perlu setel manual kalo pas mau tidur. mirip seperti fitbitcharge HR ataupun sony smartband talk.

khusus untuk heartratenya, di vivosmart HR-nya bisa ditampilin grafik heart rate selama 4 jam terakhir. dia juga nunjukin current heart rate sama rest heartrate. itungannya seperti apa, ya terserah mereka lah, pokoknya infomasi yang ditunjukin di layar vivosmart HR ya seperti itu.

algoritma garmin lumayan ok, itungan langkah gak terlalu meleset, cukup akurat, kalori ya pasrah aja deh. fitur yang gue seneng adalah ada screen lock-nya, dan bisa disetel auto. apa gunanya? ya karena touchscreen, kan kadang suka begeser sendiri kalo ga di screen lock. very useful. tapi ya agak repot kalo mau liat2 informasi yang laen, harus unlock layar dulu.

oh iya, tidak seperti fitbit charge HR yang ga bisa dimatiin (ga ada tombol power), si vivosmart HR ini bisa dimatiin, ada tombol multifungsi cuma sebijik, yang berfungsi sebagai tombol power, unlock, atau switch dari widget ke aplikasi. terus ada juga aplikasi buat find phone, gunanya ya biasa, kalo telpon keselip, sepanjang masi dalam radius bluetooth dan masi konek sama vivosmart HR, bisa di cari dengan aplikasi ini, nanti hape akan bunyi ring ring ring ring gitu, bonus tambahan, kalo kompatibel, lampu flash di hape juga bakal nyala kedip-kedip gitu. nice feature i said.

nyebelinnya adalah, karena cemplungable, artinya vivosmart HR pake charger port yang terekspos gitu, dan proprietary alias gak universal, alias harus punya charger khusus, walaupun tetep aja ujung satunya lagi USB standar. waktu charging dari kosong sampe penuh… lupa.. ga pernah merhatiin, tapi battery life-nya luar biasahhhh…. bisa sampe 5 hari, padahal HRM-nya jalan terus monitorin, dan konek terus ke hape via bluetooth. rasanya lebih irit daripada fitbit charge HR mengingat fitur vivosmart HR jauh lebih banyak plus layar juga jauh lebih gede daripada fitbit charge HR. oh iya, displaynya garmin somehow cukup smart setelannya, keliatan jelas di ambient light, terang mentereng juga tetep keliatan, sementara kalo gelap, ya tinggal nyalain backlit-nya aja, beres.

rasanya garmin vivosmart HR ini cocok buat yang pengen punya activity tracker yang lumayan kumplit fiturnya, itung langkah, kalori, heartrate, dan yang penting bisa diajak renang. kalo pengen yang lebih spesifik bisa ngukur akurasi jarak, ya silakan pilih vivosmart HR+ atau activity tracker lain yang ber gps.

yang terpenting, nyonyah juga cocok pake ini banda… heheheheh…. dan gue terpaksa cari activity tracker lainnya… dan akhirnya kecantol sama garmin fenix 3 HR. kapan2 gue bahas disini ya si fenix3 HR ini, sementara hari ini segini aja dulu. ujan, mau pulang pasti macetnya parah deh.

salam

eeeeh…. gambar gambar gambar…. nyomot dari inet ya, tapi ya persis seperti itu lah yg gue punya kurang lebihnya

tampak belakang

tampak depan

oh iya, layar juga bisa dipilih, horizontal atau vertikal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *