Review Garmin Fenix 3 HR – Keren dan Komplit

Rasanya, dari semua activity/fitness tracker yang gue punya, kayaknya udah emang bener deh, si garmin fenix 3 HR ini yang paling komplit fiturnya. errr… lebih tepatnya, sesuai dengan kebutuhan gue sih.

berawal dari fitbit charge HR yang modar dipake renang sama bini gue, yang mengakibatkan berpindahnya garmin vivosmart HR ke tangan bini gue, dipikir2 gue juga bingung mau cari apaan lagi nih buat gantinya.

requirement gue adalah ada HRM, terus ada GPS, bisa jadi smart notif dari hape ke jam (baca: kalo ada telpon masuk/sms masuk bisa ketauan/diliat dari jam), dan bisa diajak berenang, karena emang salah satu olahraga yang gue jalanin adalah berenang… selain sepedahan. selebihnya as usual, ngukur jumlah langkah setiap harinya, ngukur jam tidur, kalori de el es be.

sebenernya sebelumnya gue gak tau tentang keberadaan si fenix ini… yang diincer awalnya adalah vivoactive HR, bentuknya kotak gitu, terus touchscreen, dan memenuhi semua yang gue perluin, bisa diajak renang, terus ada gps juga, ada HRM, mau sepedahan juga udah ga perlu bawa hape karena bisa dimonitor rute-nya, pokoknya termasuk lengkap deh. tapi terus terang gak terlalu tetapi ngeliat bentuknya. dari segi harga, sekitar 3,5jt, lebih mahal sejuta lebih dikit daripada garmin vivosmart HR, tapi selisihnya ga sampe 500rb kalo dibanding sama vivosmart HR+. eh… iya… ada vivosmart HR+, adalah vivosmart HR + ada fitur gps. tapi gue pikir2 harga segitu nanggung, ya mendingan vivoactive HR sekalian.

pas lagi riset riset sercing sercing luking luking… eh… nemu lah yang namanya si fenix 3 HR ini. dan harganya biadab memang sangat… diluaran bandrolnya sekitar 600USD, artinya di indonesia dengan kurs 13rb’an sekitar 7,8jt :(. sangat menarik, karena bentuknya yang rounded…. bener2 kayak jam tangan biasa modelnya, beda sama si garmin vivoactive HR yang kotak… kalo kata temen gue mirip Gshock-nya kasio, tapi gue juga ga terlalu merhatiin sih gshock. kembali lagi, buat gue fungsinya yang paling penting, sama looks juga sih hehehe. nah.. looks-nya fenix3 HR ini yang emang akan bikin jantung berdegup lumayan kenceng, my taste.. selera gue aja sih, warna abu2 dove gitu, asik deh pokoknya. tapi ya itu… harganya juga bikin jantung berdegup lebih kenceng lagi. cari-cari-cari…. di onlen…. ketemulah ada beberapa varian… ada yang garansi distributor (non-DMI)… sama garansi DMI. DMI ini katanya sih distributor resmi garmin di Indonesia, nah… yang garansi DMI… di atas 8jt jualannya. et dah… sedangkan garansi distro non-DMI, itu di kisaran 7,6jt. dannnnn…. nemu yang jualan garansi DMI, dengan harga 7,5jt, dan bisa dicicil 0% selama 12 bulan… so yeah….. let buy this stuff.. hehehehe.

gambar aahh.. comot dari internet

menyenangkan… gue suka sama layar-nya fenix3HR, somehow cukup jelas terlihat baik indoor maupun outdoor. kalo gelap, ya ada backlit-nya juga. oh iya… layar-nya sih katanya pake bahan kaca saphire… yang tahan gores.. katanya.. mudah2an emang bener lebih kuat, karena sampe saat ini gue gak pasangin anti gores.. kenapa? karena si fenix3HR ini bukan touch screen. pengoperasiannya menggunakan tombol2 yang ada disamping. nah… tombol di jam ini ada 5 bijik, tiga di sebelah kiri dan dua di sebelah kanan. ada fungsinya semua itu :p later on lah kita bahas.

anyhow, untuk charging-nya ada cradle khusus, enak, gak susah nyolokinnya. nyopotnya juga gampang, tinggal pencet tombolnya ntar mencelat sendiri.

gambar chargernya

dan emang isi paketannya kalo ga salah ya itu doang, jamnya.. sama chargernye. udeh. ga dikasih kepala charger, ga dikasih apa-apaan lagi.

kalo mau diceritain detil, lumayan banyak fitur-fiturnya. tapi yang basicnya aja ya, itu fungsi pertamanya adalah jam, fungsi tambahan lainnya ya heart rate monitor (ngukur denyut nadi), kompas (arah mata angin), altimeter (ketinggian), barometer (angin), termometer (suhu).. itu semua yang ada sensor-nya. terus untuk activity trackernya yang pake elmu perkiraan, ngandelin algoritma accelerometer/gyro-nya ya ngitung langkah, ngitung kalori, ngitung jalan kurang lebih udah berapa km, ngitung berapa lama bobok malem, terus bisa tau kalo kita naik tangga, manual ya… kalo naik tangga yang jalan sendiri ga diitung.

kocapkacarita, kembali lagi ke leptop, gue pengen punya fitnes/activity tracker yg ada HRM, bisa track jalur gue kalo lagi sepedahan, sama bisa diajak renang, dan di fenix 3 HR ini ada semua. tambahannya, kalo buat berenang bisa ngitung berapa kali renang bolak balik, atau ngitung gerakan tangan/stroke-nya berapa kali, sama pake gaya apa. sampai tulisan ini dibuat, gue belum coba ajakin renang karena seringannya kalo sore ujan melulu ๐Ÿ™

untuk sepedahan, wuasik, udah ga perlu endomondo lagi. selama ini gue kalo sepedahan perlengkapannya itu hape yang udah terinstall endomondo, sama bluetooth handsfree jabra pulse yang ada HRM-nya. jadi endomondo memanfaatkan gps ngitung jarak dan track jalur-nya, sama memperkirakan speed berdasarkan gps, sementara heart rate diitung sama si jabra plus. dengan adanya si fenix 3 hr ini, gue bisa sepedahan tanpa harus bawa hape untuk melakukan semua halย  yang tadi gue bilang di atas. tampilan informasi di layar bisa diatur juga kalo buat sepedahan, in my case, gue pasang jarak, heart rate, speed, sama cadence.

ah iya… ini lagi yang menarik, si fenix 3 HR ini ternyata support untuk dikonekin sama sensor eksternal yang berbasis bluetooth ANT+. apakah bluetooth ANT+ itu? silakan gugling sendiri :p. anyhow…. setelah gw gugling2, yang ada akhirnya gue beli sensor speed n cadence garmin buat dikonekin ke fenix3 HR. wkwkwkwkwkwk. ya sudahlah, biar lebih optimal. sebenernya kurang begitu nyaman juga, kalo mau ngintip informasinya, harus liat tangan dulu, aga ganggu konsentrasi. sensornya ini menarik, sedikit menyimpang, jadi kalo sensor speed and cadence di sepeda umumnya itu ada 2 bagian, bagian pertama sensornya sendiri, dan bagian lainnya adalah bagian magnetnya, kalo speed magnetnya biasanya ditaroh di jari2 roda depan sementara sensor-nya di fork/garpu/sok depan, dan cadence juga gitu, tapi magnetnya ditarohnya di deket pedal buat ngitung puteran pedal dalam 1 menit alias rpm.. inilah yg disebut cadence, bahasa gampangnya, seberapa cepet situ genjot pedal dalam 1 menit :p pokoknya simpel deh. really like it.

balik lagi ke fenix 3 HR, ngomong gampangnya, urusan fitur yang buat ngukur2 macem barometer, termometer, altimeter, HRM, de el es be menurut garmin dikategorikan sebagai widget, dan dapat diakses informasinya dengan menekan tombol sebelah kiri bawah.

sedangkan buat ngukur2 speed or whatever dalam kegiatan berolahraga, menurut garmin dikategorikan sebagai aplikasi, dan dapat diakses/dimulai dengan menekan tombol sebelah kanan atas. habis itu tinggal ikuti petunjuk selanjutnya. daftar olahraga yang bisa dimonitor/disupport sama fenix3hr saat ini adalah bike, bike indoor, run, run indoor, pool swim, open water (renang di laut), SUP (entah apaan ini), Row (dayung), row indoor, triathlon, swimrun, golf, xcski, ski/board, climb, hike, trail run…. wuidihh.. lumayan banyak ya.. dan gue cuma pake buat sepeda ama renang doang.. itupun renang juga belon… heheheheee.. jadi memang ini jam sebenernya lebih optimal kalo dipake sama yang seneng olahraga, ini kelasnya triathlon euy… mantaf. ah ya.. ngomongin open water alias renang di laut, salah satu alasan gue milih fenix3HR ini dibanding vivoactive3, ya fenix3hr bisa dipake renang di laut (tapi ga boleh buat diving katanya), sementara vivoactive 3 enggak. dan tetep, modelnya jauh lebih keren daripada vivoactive 3. oh iya… aplikasi find phone juga ada, sama seperti halnya vivosmart HR, jadi kalo misal lupa hape keselip dimana, sepanjang masi konek dan masi dalam jaringan bluetooth, maka si hape bisa di remote sama fenix untuk dibunyiin ringtonenya, plus kalo ada lampu flash di kameranya, lampu flashnya juga kedip2…. so yeah. useful i said.

kalo masalah akurasi heart rate, gue gak paham deh, feeling sih kayaknya akurat, dan lebih konsisten, ada selisih lah pasti kalo diadu sama jabra pulse (which is gue pernah ngetest, sepedahan pake si fenix3hr dan jabrapulse sama2 buat monitor denyut nadi, dan hasilnya selisih 2 bpm (beat per minute) plus minus.. sooooo yah.. buat kira2 ajah.

kompasnya akurasinya bagus, cari kiblat ga susah, konon katanya autokalibrasi, that’s good, fully automatic. untuk altimeternya juga ok, barometer gue masi belon paham cara makenya… the rest is oke.

ohya… lupa.. yang penting, watchface bisa diganti, model analog atau digital, atau download langsung dari garmin connect di internet, atau bisa juga si download aplikasi garmin connect di hape android… nah.. ini lebih direkomendasi.

foto lagi ah, lagi sebelahan fenix3hr sama si vivoactive hr

bukan jam gue yaa.. apalagiย  yang sebelah kanan, itu boleh nyomot aja gambar nya di internet, tapi kalo fenix 3 hr-na sih sama dengan gue punya.

rasanya demikian dulu deh…eh… iya. lupa.. satu yang sangat menyenangkan, dan gue puas banget.. adalah batre-nya. unlike moto 360/sony smartwatch 3/or any other fitness tracker plus jam yang gue punya, digitally, batrenya paling lama ya si fenix 3 HR ini, bisa bertahan seminggu lebih, normal use, notifikasi dari hape, plus sepedahan 2x seminggu total sepedahan kira2 3 jam. nah… kalo dipake buat exercise (baca: sepedahan) batre pasti lebih boros, karena semua sensor jalan khususnya gps. apalagi gue sambungin ke sensor speed n cadence yang di sepeda. tapi luar biasa.. seminggu… ukuran smartwatch… hebat.

touchscreen… ini yang ga ada di fenix3, tapi rasanya ga perlu2 amat lah, tombol yang ada udah enak makenya. ga perlu totol totol layar.

hepi buy? enggak.. karena harganya mwuahal.. tapi layak dengan segala fitur yang dimiliki. dan gue yakin masih banyak fitur laen yang belum gue bahas… baik karena gue males ataupun karena gue gak tau ada fitur apaan lagi di ini jam. hehehehe..

terakhir… ini berakhirnya era dimana gue pake jam tangan seiko matic di tangan sebelah kiri, dan fitness tracker di tangan sebelah kanan, karena bentuknya udah jam, dan berfungsi dengan baik untuk memenuhi keperluan gue, dan batrenya jauh lebih awet dibanding moto360/sony smartwatch 3 yang batrenya paling banter tahan ga lebih dari 2 hari sekali ricas. ya beda mungkin ya….. tapi gue hepi punya si fenix 3 hr ini karena bermanfaat buat gue.

sekian dulu deh nulis tentang fenix3 hr ini, kapan2 ntar dibahas fitur laennya yang lebih mendalam. anyhow.. cape juga ngetiknya ternyata wkwkwkwkw.

salam sport/smart/activity tracker/watch

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *