Portable Scanner Canon Formula P150

Gara-gara habis nulis tentang HP 150 yang all in one, jadi keingetan, kalo gue punya satu lagi gadget yang lumayan menarik, dan sangat membantu sekali untuk melakukan digitalisasi atas dokumen-dokumen kerjaan kantor, tak lain dan tak bukan adalah scanner portable Canon formula P150, seperti tertulis di judulnya.

mungkin pada tau, kalo scanner kan umumnya kotak gede, ada gelas kacanya (kayak mesin fotokopi gitu deh), terus kalo mau scan ya halamannya satu demi satu ditaroh disitu. lama aje. habis itu ada juga yang agak lumayan, kalo mau scan dokumen surat-surat yang lumayan banyak halamannya, bisa ambil printer all in one yang ada scannernya dengan fitur ADF alias auto document feeder. nah, scanner dengan fitur ADF ini penting, khususnya buat yang suka scan dokumen berlembar2 (text document, biasanya buat kantor), puluhan, bahkan ratusan halaman. bayangin kalo di scan satu-satu buka tutup scanner yang model flatbed gitu (yang kayak mesin fotokopi), kan pegel ajah. memang yang paling pas ya printer All In One (AIO), yang ada fitur scan ADF-nya. tapi masalahnya satu, biasanya printer AIO dengan scan ADF itu guede ukurannya. ini yang bikin males.

nah… disinilah si canon p150 ini memikat hati gue. bentuknya kecil aja beneran. the best partnya adalah selain berfitur ADF, yang paling mantep adalah gak pake power colokan listrik, bener-bener USB powered. tinggal sambungin kabel USB dari komputer ke scannernya (port-nya micro USB btw)…. voila… siap untuk scan. dan makin asiknya lagi, bisa scan double sided, maksudnya halaman bolak balik bisa discan sekaligus sekali jalan gitu.

hal lain yang bikin menarik adalah, kita bisa milih, mau install aplikasinya di komputer seperti biasa, atau menggunakan aplikasi portable yang ada di dalam si p150 ini. yes… jadi ada switchnya, ada mode auto, yang pada saat kita sambungin p150 ke kompie, nanti akan muncul storage portable, seperti nyolokin flash disk, nanti ada aplikasinya disitu tinggal di dobel klik… and voila…. siap untuk scan.

fitur scan-nya sendiri juga menarik, macem-macem lah penyimpanan formatnya, bisa mau jpg, gif, bmp, pdf , dan resolusi scan juga bisa disetel ke rendah sampe tinggi. gue lupa persisnya angkanya, karena pada saat gue bikin tulisan ini, itu scanner masih bekerja di meja sebelah rekan kerja gue. entah udah berapa ribu halaman yang di scan sama si mungil ini, paling berjasa banget deh buat digitalisasi dokumen kantor gue.

yang agak nyebelin adalah harganya… asli.. mahal. di atas 3 juta kalo ga salah dulu gue beli, tapi sangat layak sekali, karena nilai pekerjaan yang di scan jauh melebihi daripada itu. dan kemudahannya juga. itu yang penting. scanningnya sangat cepat (tergantung setelan resolusi), dan gak berisik seperti printer AIO hp150 kalo lagi scanning, lebih sunyi. pokoknya urusan scan, gue serahin ke barang ini dah. dan si p150 (canon) ini udah bekerja selama hampir 3 atau 4 taun ya, lupa gue. pokoknya udah lumayan lama.

habis itu ada generasi selanjutnya, yaitu canon formula p215 yang akan gue bahas lain waktu.

untuk sementara, silakan menikmati gambar-gambar yang dicomot dari internet sana sini :p

salam portable 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *