Pokemon Go – 2016 to 2018, masih maen? jadi beli pokemon go plus terus direview

Well…. udah lama gak nulis disini, dan belakangan ini setelah udah lama berhenti maen ingress (mentok level 16 maen jujur terus iseng cheat dua tiga kali terus di banned), errr. sebelum itu sih… gue termasuk yang maenin pokemon go dari awal, which is sekitar juli 2016 kayaknya… kalo liat di aplikasi pogo-nya sih emang sejak juli 2016.

seru, kalo diinget2, mulai dari belum ada di playstore itu aplikasinya, terus nyari apk-nya, ternyata apk-nya belum kompatibel sama hpnya (dulu pake asus zenfone 2), dan sebagainya. lengkap dengan segala ngadatnya… mulai dari hp cepet panas dan boros batre (ini mah udah biasa.. dari jaman ingress), layar freeze tiap kali nangkep pokemon trus kudu restart aplikasi, dan banyak lagi.

anyhow, dulu sempet maenin bareng ini pokemon go sama ingress, konsentrasi terpecah. terus ingress di banned, bikin akun lagi… pokemon go setop, terus ingress tiba2 males nerusin…. terus maen pokemon go lagi. ada kali sekitar 3 – 6 bulan gue absen gak maen pokemon go.

kalo diinget2, ampun deh cheater-nya waktu itu, yang pake bot lah, level 1 sampe 25 dikebut cuma sehari, akun level 20 ke atas belum milih team-nya… sampe yang pemain terbang alias spoofing, alias malsuin lokasi. yes, ingress dan pokemon go adalah game yang berbasis gps, di mana buat maininnya elo harus bergerak dan jalan di luaran rumah, nyari pokestop buat ngumpulin inven, nyari gym buat battle sama ngumpulin koin, sama belakangan nyari raid battle. dulu para cheater berjaya, kebetulan di rumah ada gym pokemon (inrange dari kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang makan, ruang tamu, teras depan, teras belakang…. artinya rumah gue kecil dan mungil 🙂 ). nah bayangin jam 11 malem tiba2 gym di attack, terus tiba2 ada 6 account naroh momon di gym itu, dan isinya chansey/blissey semua. dan tiap kali battle, itu yang namanya CP momon kaga berkurang kayak sekarang. almost impossible for single player yang low level yang mau take over gym sendirian (kecuali gue, pernah hampir sejam setengah take over gym yang isinya momon tahan gebukan itu. karena cheater terlalu berjaya, di mana gue yang real player ini gak punya waktu terlalu banyak juga, jadi ya sudah lah.. let it go… sampe niantic kasih environment main yang lebih baik.

dan… tiba2 niantic ngerubah rule permainan, khususnya terkait dengan ngumpulin koin dan battle di gym. pokemon di gym akan susut CP-nya, bisa di recharge diempanin berry, maksimum 10 berry tiap ngempanin. mulai menarik… karena sekuat apapun momon yang ditaroh di gym, pada akhirnya akan melemah, dilambangkan dengan gambar hati yang udah gak ada merah2nya (alias item) kalo udah lemah banget, so anyone yang ga lemah2 banget bisa take over gym sendirian. sistem perolehan koin gratisan juga berubah, yang semula harus menduduki gym 1×24 jam dapat berapa koin gitu…. dibatasi sehari maksimum 50 koin, dari semua pokemon yang menempati gym, dan syarat lainnya sudah harus “pulang” alias digebukin trainer lainnya… baru deh dapet 50 koin.

disinilah, gue mulai semangat main lagi, ditambah lagi dapet info kalau yang pake bot sekarang udah bener2 susah dan gak bisa, jadi paling masalah spoofer aja sih, which is dengan rule yang berubah itu, jadi ga masalah juga buat gue.

oh iya… selama ini gue solo player, alias main sendirian. ga masalah sih… yang jadi masalah adalah ada beberapa pokemon jenis tertentu yang munculnya cuma via raid battle. kalo raid levelnya masih tier 1 atau 2, masih gak masalah, bisa ditangani sendiri. tapi kalo udah tier 3 dan 4, udah susah deh buat sendiri. jangan ditanya kalo raid battle tier 5 a.k.a. legendary pokemon yang kuatnya ampun deh kalo coba2 digebukin sendirian.

ah ya… beberapa bulan terakhir, ada yang menarik. pokemon legendary yang semula cuma bisa diperoleh dari raid, mulai bisa diperoleh dengan menyelesaikan quest. harus menyelesaikan 7 quest, baru bisa dapet 1 pokemon legendary. event biasanya berlangsung sebulan, jadi kalo rajin ngejar questnya, ya sebulan bisa dapet 4 pokemon legendary.

terkait dengan quest, ada juga quest khusus untuk dapetin mew. ini udah mungkin sekitar 8 bulan yang lalu, dan belakangan ada lagi quest khusus untuk dapetin celebi.

oh iya, ada fitur lainnya yaitu fitur pertemanan alias friends. maen bareng dengan temen (biasanya battle bareng di gym/raid), akan meningkatkan tali pertemanan, di mana pertemanan ini ada levelnya. mulai dari good friend (ini harus kalo mau trade.. oh iya.. fitur lainnya adalah bisa trade pokemon/tuker pokemon sama temen), habis itu setelah sekian hari maen bareng bisa jadi great friend… terus sekian hari maen bareng jadi ultra friend… terakhir bisa jadi best friend. total kalo rajin maen bareng tiap hari… itu bisa sekitar 6 bulan kayaknya. gak bisa maen bareng tiap hari? ga ada masalah. bisa kirim-kirim gift ke temen tiap hari, itu dihitung maen bareng. cara dapet gift dari mana? cukup spin pokestop aja, kadang dapet kadang enggak. dan ternyata fitur pertemanan ini yang sangat nolong untuk buka pokedex (baca: opendex)… seluruh pokemon yang ada di region 1 alias kanto. dari total 151 pokemon region kanto, yang gue gak bisa dapetin adalah pokemon yang eksklusif region, pengertiannya pokemon ini hanya muncul secara eksklusif di region tertentu, dalam hal ini si badut aka mr. mime (cuma ada di eropa), tauros (cuma ada di amerika), kangastan kalo ga salah (kangguru cuma ada di australia). kalo ferfetchd yang cuma ada di hongkong, dulu pernah dapet karena pas lagi ada event. nah…. sekitar sebulan yang lalu, niantic (developer gamenya) bikin event, bahwa kita bisa dapet pokemon yang eksklusif region itu, dari telur 7km. gimana cara dapet telur 7km? gak bisa dapet dari spin pokestop/gym, cuma bisa dapet dari gift yang dikirim sama temen. berkat event inilah akhirnya gue bisa melengkapi seluruh pokemon generasi 1/region kanto……. gak ada lagi gambar bayangan pokemon doang. yayyy… after 2 years. mew didapet dari special quest seperti yang gue ceritain di atas, dan mewtwo…. yang dulunya cuma ekslusif di ex-raid, dijadiin event. selama sebulan mewtwo ini muncul sebagai pokemon raid tier 5 di aneka gym. so yeah… hal ini berkaitan dengan cerita selanjutnya.

pada suatu hari, ketemulah dengan orang yang lagi maen pokemon juga deket kantor, dan ternyata masih banyak orang2 yang maen pokemon, di kantoran, dan suka ngumpul kalo ada raid tier 5. dan ternyata emang seru kalo raid tier 5. degdegan kalo ga dapet, terus bonusnya juga seru, 10.000 xp (setara dengan nangkep 100 pokemon tanpa spin), rare candy, dll, dan yang paling penting adalah ngumpulnya ketawa haha hihi silaturahmi sama trainer/pemain yang laen. ngobrol sana sini… ternyata banyak juga yang dikomentarin sama temennya…eh… masih maen pokemon go? hehehehe… well, 2 taon yang lalu ini game happening banget soalnya, kayaknya banyak banget yang maen dulunya. berkat ketemuan dengan orang ini… jadi ketemu komunitasnya yang disekitaran kantor, dan akhirnya bisa dapet mewtwo.

singkat cerita, sekarang gue udah level 38, terus tiba2 keingetan sama pokemon go plus (pokemon go+). apaan tuh? adalah sebuah asesoris semacam remot blutut, yang bisa mendeteksi kalo ngelewatin pokestop atau gym (untuk di spin alias diputer), serta mendeteksi kalo ada pokemon muncul, dengan posisi layar hp mati (layar hape yang mati yah… bukan hapenya). si go+ ini (bukan mobil ya)… bentuknya sederhana, seperti pokeball warna merah, tapi ujungnya lancip, seperti icon pin kalau di google map. terus ada satu tombol warna putih di tengah2… yang bisa dipencet tiap kali kita mau muter pokestop, atau mau nangkep pokemon. ini yang menarik, jadi si go+ akan bergetar setiap kali kita inrange alias papasan dengan pokestop/gym, dan akan bergetar juga setiap ada pokemon yang muncul di sekitar kita. begitu geter.. tinggal pencet tombol putih yang ditengah tadi, maka otomatis nanti akan dapat inventory (kalau spin pokestop/gym), atau nangkep pokemon. pokemonnya kalo ketangkep akan bergetar 5x dan warna di tombol putih tadi berubah2… kalo kabur… akan geter cepet 3x.

bagusnya… jadi irit batre, maen sambil nyetir mobil lebih santai, gak perlu liatin layar hape, tiap kali go+ geter tinggal pencet, ga usah mikirin pola geternya deh, pokoknya geter pencet, geter pencet, gitu aja terus. kalo dalam waktu misalnya 5 menit gak geter2, boleh dicek koneksinya antara hape sama si go+ mungkin disconnect.

enggak bagusnya….. si go+ ini kalo urusan nangkep pokemon cuma bisa pake bola merah alias pokeball. gak bisa pake bola biru (great ball) ato koneng (ultra ball). terus kesempatan nangkep cuma cuma 1x, pengertiannya… sekali pencet, pilihannya cuma dua, itu pokemon ketangkep… atau kabur. terus otomatis gak bisa bikin spin throw…. gak bisa cari nice, great, atau excelent throw buat ekstra poin sama ningkatin chance atau kesempatan nangkep itu pokemon. artinyaaaa… yang selama ini bola merah selalu gue delete/recycle, sekarang mulai gue kumpulin lagi, demi optimalisasi pake si go+ ini. wkwkwkwk. enihow, catch rate bisa dibilang 50 50 lah, kadang yang cp gede ketangkep, kadang yang cp kecil kabur.. jadi bener2 bijimane luck alias keberuntungannya aja.

bentuknya… hehehehe.. silakan googling sendiri deh, pokemon go+ atau pokemon go plus… udah banyak foto/video-nya yang bertebaran di internet.

harganya… gue beli di 400rb di toko onlen. klaimnya sih barang ori. kalo diluaran gue baca kira2 harga 35USD, yah.. masih wajar lah. gak ada garansi… karena harus klaim ke jepang, tapi kalo kata penjualnya sih jarang banget ada yang rusak selama dia jualan. harga bervariasi dari 350rb sampe sejuta, gue ambil dari yang bagus aja ratingnya.

oh iya, ternyata… kalo diliat2, ada juga yang jualan versi hack/mod, jadinya otomatis, gak perlu pencet2 tombol lagi. menarik juga sih, tapi enggak lah, kita maen yang biasa2 aja. mencet tombol kan juga satu seni tersendiri. hehehehehe….

oh iya… cara pemakaiannya ada 2, bisa dijadiin semacam gelang gitu (strap disertakan), atau model jepit di kantong, ada clip-nya gitu, tapi permanen, gak pake per. kalo gue sih seringnya kantongin aja di kantor baju, geterannya berasa kok tinggal pencet. atau kalo lagi mau pamer ya dijepitin di kantong baju, can keliatan banget tuh nyolok merah putih bunder bentuknya hehehehehehe.

enihow sekian dulu review pokemongo+ ini…. singkat review-nya… karena emang fungsinya gitu doang…. panjang ceritanya.. ya karena emang latar belakang ceritanya yang panjang ajah… heheheheheh….

salam trainer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *