NFC: Near Field Communication

halo

selamat tahun baru 2015, lama juga yah gue gak nulis disini. dan pas buka control panel, ternyata ada tulisan yang baru judulnya doang gue bikin, tapi belum ada isinya… yaitu tentang NFC ini.

Apa sih NFC ? kalo ditanya tentang NFC ini, gue juga agak bingung sebenernya. bisa dibilang NFC ini masih sodaraan sama RFID. lah… RFID itu apa?… aduh… coba googling sendiri deh. saya yakin udah banyak yang ngebahas tentang RFID ini, khususnya pada waktu BBM jenis premium mau dibatasin dengan cara meregistrasi mobil-mobil yang mempergunakan BBM premium, di mana di mulut lubang tangki bensinnya dipasangin sensor berbentuk ring dengan teknologi RFID.

enihow….gue coba membuat pembahasan tentang NFC ini dengan sederhana ya (menurut gue), dan lebih ke implementasinya seperti apa.

kita mulai

NFC ini kependekan dari Near Field Communication. tentang teknologi NFC ini, gue pertama kali punya hape yang ada NFC-nya adalah Sony Xperia P. kalo dikaitin sama sejarah OS android dan sejarah firmware-nya si Xperia P (XP), sekedar ngingetin aja, XP itu dulu pertama kali keluar OS-nya menggunakan GingerBread a.k.a. android 2.3. nah, NFC ini sudah ada fiturnya di OS google, tapi masih belum dioptimalkan sama google, sama sony sendiri NFC dipergunakan untuk mempermudah proses pairing device bluetooth. jadi gini, biasanya kan misalnya kalau kita mau pairing bluetooth device, katakanlah bluetooth handsfree (BTHF) dengan hape. nah… pertama kita harus menyalakan BTHF-nya, kemudian masuk ke pairing mode (caranya beda-beda, tergantung produsennya, tapi umumnya kalo baru begitu dinyalakan akan masuk ke pairing mode). setelah itu dari menu hp-nya masuk ke setting bluetooth, search device, nanti muncul nama BTHF-nya, trus pilih pair atau pairing. tergantung BTHF-nya juga, kadang gak ditanyain password, tapi ada juga yang dipasangin password, dan biasanya passwordnya itu 0000 atau 8888, setelah pairing beres, baru deh BTHF-nya bisa dipake.

Nah…..NFC ini mempermudah proses pairing ini. jadi cukup nyalakan BTHF (BTHF-nya harus ada fitur NFC-nya, kalo gak ada ya gak bisa), terus biasanya ada stiker/logo NFC-nya, yang menunjukan di mana tag NFC dari BTHF itu berada (lokasinya). kalau tidak ada, silakan baca buku manualnya, karena gak ada standarnya penempatan NFC di BTHF. nah, terus nyalain hape-nya, nah… ini penting. hape-nya (ini gue ngomongin hape android ya, dengan OS minimal android 4 alias Ice Cream Sandwich, nah…. si NFC ini tidak akan berfungsi kalau posisi hape lagi screenlock. jadi harus di unlock dulu screennya, baru NFC di hape bisa dipake.

setelah hape dinyalain, tinggal tempelin bagian hape yang ada gambar NFC-nya (again… kalo gak ada logo NFC_nya, silakan cek ke manual hape masing-masing, karena penempatannya beda-beda, in my case, hape sony, seringnya ditarohnya di bagian belakang, sekitar 2 cm di bawah lensa kamera, atau pas tengah-tengah di bagian belakang gitu….lanjut lagi, tinggal tempelin bagian hape yang ada NFC-nya ke BTHF di bagian yg ada NFC-nya juga. apa yang terjadi setelah ditempel? si hape akan mengenali ada si BTHF, dan secara otomatis akan konfirmasi proses pairing ke BTHF. yak, jadi gak perlu masuk ke menu setting bluetooth bla bla bla. cukup nyalain, tempel, dan konek.

lah… jadi gitu doang fungsinya NFC? mungkin banyak orang mikir fungsinya NFC gitu doang. padahal enggak juga. NFC ini juga bisa dijadikan protokol awal untuk transfer file antar device, dalam hal ini gue bicara antar hape. lebih spesifik lagi, sesama hape merk sony yang ada NFC-nya, dulu itu gue pake Xperia ZL (XZL) sama XP.

gimana caranya transfer file? errr…. gak semua file sih bisa di transfer. tapi gini, sony somehow bisa mengembangkan aplikasinya (contoh: walkman dan gallery/album buat liat gambar), optimized untuk pengiriman file dengan memanfaatkan NFC dan bluetooth. yak… bukan NFC aja, tapi bluetooth juga.

jadi gini, misalnya gue ada gambar A di hape XP, terus gue mau kirim gambar A ke hape XZL. nah, biasanya kan buka aplikasi galery, pilih gambarnya, share, via bluetooth, terus search hape yang mau dikirimin file gambarnya (jangan lupa hape yg mau dikirimin file gambar harus di set discoverable bluetooth-nya), baru send, kadang harus pairing dulu, kadang cuma perlu konfirmasi di awal aja di hape penerima, in this case XZL, ada notifikasinya kalo hape XP mau kirim file gambar A, mau diterima apa enggak?

nah. transfer gambar dengan NFC ternyata jauh lebih mudah. untuk contoh kasus di atas, di XP cukup buka file gambarnya di galery, terus tempelkan bagian NFC-nya ke XZL (jangan lupa XZL harus posisi layar on dan screen posisi unlock), nanti layarnya akan berubah jadi agak mengecil mengambang gitu, tinggal di tap sekali di XP-nya, file gambar tersebut akan dikirim ke XZL, tanpa perlu proses konfirmasi lagi, dan file gambar tersebut dikirimnya via bluetooth.

lho… kok via bluetooth? kenapa? bukannya NFC itu juga protokol wireless? emang NFC gak bisa buat kirim file gitu? NAH… ini dia, jadi NFC itu memang salah satu protokol wireles, bekerja di frekwensi 2,4GHz juga kalo gak salah, sama seperti RFID, yang membedakan adalah daya/power yang digunakan. daya yang dipergunakan sangat kecil, dan juga bandwith dari NFC ini juga sangat kecil, hanya cukup untuk menyimpan informasi dalam bentuk data text (menurut analisa saya), gak ngerti juga programnya pake apa. Selain itu, penggunaannya memang harus ditempel langsung, jadi logikanya kalo udah hape-nya ditempel langsung (untuk terima file gambar tadi), buat apa harus konfirmasi tap terima/accept lagi di hape penerimanya (dalam hal ini XZL). NFC disini hanya membantu untuk skip proses yang biasa harus dilalui ketika hendak kirim file via bluetooth.

oh iya, untuk kirim file lagu (mp3 umumnya), bisa menggunakan cara yang sama, tapi dari hape pengirim tinggal buka aplikasi walkman/media player…. terus tap and send aja. gampang kan.

ah, iya… satu lagi. bisa juga gini makenya. misalnya nih, temen lagi nonton youtube, terus kita mau liat juga, tapi kan gak enak kalo nonton di satu hape, jadi mau nonton sendiri gitu rencananya di hape sendiri. nah, daripada nanya judul youtube-nya apa, terus search manual, kita bisa memanfaatkan NFC untuk kirim link youtube-nya. contoh, misalnya di XP lagi nonton youtube, film Anu misalnya, nah…. kalo temen gue misalnya, mau ikut nonton juga tapi di hape XZL-nya, ya sama prosedurnya, XP buka youtubenya, pilih videonya, habis itu tempelin ke XZL, tap layarnya, send deh. hal ini juga berlaku untuk kirim link url atau link internet. dari hape pengirim tinggal buka browser-nya, habis itu tempel NFC-nya ke hape penerima, tap layar, send deh.

dan sebenernya gak via bluetooth aja, ada beberapa aplikasi (gw lupa namanya), yang bisa melakukan transfer file dengan memanfaatkan NFC dan wifi, baik melalu jaringan (wifi-LAN), ataupun secara peer-to-peer atau ad-hoc connection.

itu baru antar BTHF-Hape, sama Hape-Hape. bisa juga NFC ini antara Hape-NFC Tag. apa sih NFC tag? lagi-lagi sih, ini bikinannya sony, mereka buat semacam gantungan/tag yang ada chip NFC di dalemnya. chip NFC katanya sih gak repot. jadi NFC di hape tinggal ditempel ke NFC tag, nanti bisa macem2 pilihannya, bisa matiin wifi/nyalain wifi, matiin bluetooth/nyalain bluetooth, ubah setting sound ke vibrate, pokoknya macem2 deh, termasuk juga utilisasi dan optimalisasi device Sony yang pernah dipake.

dan yang terakhir yang mau gue bahas adalah penggunaan NFC di kartu pembayaran elektronik, dalam hal ini gue pake e-money dari bank mandiri. kalo pernah baca tulisan gue tentang gelang e-money, dulu itu kan mandiri bikin aplikasi di hape android cuma untuk cek saldo aja, nah… info terakhir, sekarang sudah bisa isi ulang kartu e-money, melalui hape dengan NFC. internet sama rekening bank mandiri diwajibkan disini.

sementara gitu aja dulu, udah mulai ngantuk gue… nanti kalo ada yg keingetan terkait NFC ini bakalan gue update lagi.

 

salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *