Media Player for Android TV

hmmm… nulis lagi ah

kenapa judulnya media player for android TV tapi gue masukinnya ke kategori Smart TV? kenapa gak masuk ke kategori aplikasi/application? jawabannya sederhana, karena kategori aplikasi/application belum dibuat. dan karena memang yang mau gue bahas spesifik adalah aplikasi media player yang gue install di android TV yang gue punya (dalam hal ini Sony W800c), so yeah…. be it.. biarlah untuk sementara tulisan ini bersemayan di kategori ini dulu.

Okkkeeeyyyy… kita mulai. sedikit latar belakang cerita, gue punya koleksi pelem donlotan lumayan banyak, formatnyapun beraneka ragam, mulai dari avi, mp4, mkv, dan belakangan mulai ada yang mp5. singkat cerita, tipi gue yang sebelumnya, si sony juga W674A kalo ga salah, punya build in media player (tapi W674A ini bukan android TV ya, bener2 OS-nya bikinan sony sendiri). nah… media playernya itu sayangnya gak sanggup untuk muter semua format video yang udah gue donlot. ada beberapa film seperti voltus v… itu gak bisa diputer sama dia, terus kadang ada juga video yang bisa diputer, tapi gak ada suaranya (biasanya karena codec-nya pake AC3 buat audionya), terus ada juga yang langsung ada tulisannya unsuported format, tapi pernah juga videonya gambarnya muncul, suaranya ada, tapi tetep muncul tulisan unsupported format.. ini yang paling aneh 🙂

enihow, kalo udah kayak gitu, mau gak mau gue nonton di hape deh, pake aplikasi MX player yang super sakti, karena so far sampe saat ini aplikasi media player yang paling sakti buat os android adalah mx player, hampir bisa muter semua format, kecuali yg ber audio AC3.

nah… MX player ini juga sudah available di playstore yg khusus buat android TV. oh iya, sedikit OOT, playstore android TV hanya menampilkan aplikasi yang kompatibel/optimized buat TV, banyak aplikasi yang ada di playstore hape android, tapi gak ada di playstore TV android.

masalahnya MX player adalah, secara default dia masih belum support yang namanya samba protokol (SMB, windows group), jadi gak bisa akses file video melalui network/jaringan Wifi kalo dibukanya dari aplikasi MX player. maksud gue gini, misalnya kita buka nih aplikasi mx player di TV, nah file video yang bisa diakses/diopen hanya file video yang ada di storage internal, atau di HDD/flashdisk yang dicolokin ke USB Port-nya si TV.

untuk mengakali masalah ini, di tipinya gue install juga aplikasi yang namanya ES File Explorer. ES file explorer ini adalah file manager sakti, bisa mengakses network folder yang gue bikin dirumah. jadi… kalo gue mau nonton film/video yang gue simpen di HDD yang gue colokin di ruter asus gue (baca: nonton video di tivi lewat WIFI), di tivi-nya…, gue harus buka es file explorer dulu, terus masuk ke directory network, buka foldernya, terus pilih filmnya, nanti ada pilihan mau diputer pake media player apa, tinggal pilih MX player… done.

yo wis, awal2 selalu gue pake metode ini, lumayan ribet. nah… kapan waktu gue iseng2 liat2 isi playstore… eh kok ada aplikasi yang namanya archos video player. penasaran gue install, dan ternyata… super asik. kenapa super asik? karena si archos ini aplikasinya udah support SMB/network file. jadi, gue gak perlu buka si ES file explorer buat nyetel video, video yang gue simpen di network file bisa gue akses langsung dari aplikasinya si archos, dan remote TV friendly pulak (sekedar info, kalo ES file explorer itu gak remote TV friendly, karena harus banyak mindahin cursor)….. pokoknya the best deh, user friendly banget.

asiknya lagi, begitu buka file video-nya, somehow si archos akan cari informasi tentang film yang kita puter, dan nanti akan ada gambar kayak album-nya gitu, jadi background di TV-nya. cool, terus ada resensinya juga, sepertinya dia grab informasi dari situs semacam imdb gitu mungkin. asiknya lagi… nanti ada keterangannya juga, file video yang mau kita tonton resolusinya apa. biasanya kalo yg 480p (DVD Rip) itu ada tulisannya SD, kalo yang HD nanti ada tulisannya 720p, demikian pula 1080p.

dan yang paling asik adalah, bisa nyari subtitle/teks film secara online langsung, ini yang gue demen, si archos ini bisa nyari subtitle sesuai dengan file name-nya, so far sih akurasinya lumayan bagus, walau kadang sering juga ketemu subtitle yang timing-nya gak sinkron, jadi perlu penyesuaian buat ngatur delay dari si subtitle, which is ini juga bisa dilakukan oleh si archos ini. top jempol banget deh buat archos. nyetel video dengan format audio AC3 juga gak masalah. awalnya dia akan ngomong dulu… gak bisa setel audionya, harus download dulu all codecnya dari playstore, setelah diinstall, lancar tanpa masalah. hell yeah. asik.

nah.. pada suatu ketika, gue baru download film jessica jones marvel… formatnya mp5. gue coba setel pake archos… eh… gambarnya ngedet gitu.. putus-putus, gak enak banget deh… terus gue coba pake es file explorer terus pake mx player… eh… kok sama… waduh.. sedih juga deh. eh iya… sebelumnya gue juga udah install kodi media player…. tapi gak pernah gue pake karena lumayan complex setelannya, sementara gue maunya yang simpel-simpel aja. lho kok tau2 tiba2 cerita si kodi, ya karena setelah gue coba setel si jessica jones dari es file explorer terus pilih kodi sebagai media playernya, lancar abissssssssss.

terus gue coba explore si kodi ini, gak terlalu user friendly menurut gue, canggih sih, tapi settingannya agak2 ribet kalo menurut gue. bisa sih setel langsung file di network dari si kodi ini, tapi harus atur directory path dan lain sebagainya, gak praktis. jadi kalo mau nyetel film video dari pake si kodi ini, tetep untuk akses file-nya pertama kali gue pake es file explorer.

demikian menurut gue, sebuah tv android yang sering dipake buat nonton film hasil download, disarankan untuk install aplikasi yang gue sebutin tadi: yang pertama es file explorer, yang kedua mx player, yang ketiga archos video player, dan yang ke empat adalah KODI.

dari sony-nya sendiri sebenernya sih ada build in media player juga, tapi rasa-rasanya tetep masih lebih sakti mx player ataupun kodi atau archos. gak puas gue pake media player bawaan tv sony-nya.

sementara gitu aja dulu, perasaan tulisan gue kali ini lumayan panjang banget ya tulisannya. sampe berasa lumayan pegel nih. hehehehe

salam nonton tv

[UPDATE 16 SEPTEMBER 2016]

kapan tau akhirnya gak tahan, iseng beli app archos media player seharga 40 apa 50rb gitu kalo ga salah, jadi yang gue ceritain di atas itu yang versi free, suka ada iklannya, dan begitu gue install yang versi beli, gak ada iklan, dan ajaibnya yang file video format mp5 … eh… x265, yg film jessica jones yg gue ceritain di atas….. bisa disetel dengan lancar dan halus. halah… jadi keliatannya archos yang freeware itu selain iklan terus ada semacam “ngonci fitur” gitu deh. hadeeeh… ada ada ajah. baru kali ini nemu model kayak gini. at the end, makin hepi nonton aneka format film di tipi dengan aplikasi ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *