Laptop Gateway ID58 – Desktop Replacement

nambahin tulisan di kategori komputer ahhhhhh 🙂

Gateway ID58, komputer keren looks-nya kalo menurut gue, personal preference, pendapat pribadi, subyektif, tapi emang looks-nya keren menurut gue, sampe sekarang ini. keren bukan dalam artian tipis…. tapi tampilannya secara keseluruhan keren, ntar deh, kalo diliatin potonya mungkin bisa ngerti, tapi gue rasa kalo liat langsung tuh emang lebih bikin ngecesss 🙂

kita mulai, ini komputer juga gue dapetinnya lucu. pada suatu taun (lupa taun berapa, tapi pada masa itu udah jamannya intel core i 3 5 7 udah mulai muncul), gue lagi jalan-jalan sama temen gue ke pameran komputer, dan pas ngelewatin booth-nya gateway, eh kok ya pas lagi ada games gitu, salah satu hadianya bisa beli gateway ID58 ini dengan harga 4jt. bukan free yah. apa yang bikin gue tertarik pada waktu itu? tak lain dan tak bukan adalah spesifikasinya yang udah intel core 2 duo (sebelum i3 i5 keluar mah, core2duo itu topnya intel), terus RAM udah 4GB, hardisk 500GB, yang paling menarik adalah layarnya 15,6 inch. pada waktu itu, core2duo sering dibandinginnya sama core i3, nah… itu harga leptop baru 15 inch itu harganya buset deh… kalo ga salah inget si di atas 10jt semuanya. so yeah, core2duo still rawks… until now malahan menurut gue 🙂

gue lupa games-nya waktu itu apa, akhirnya gue menang deh pokoknya, terus ya itu, beli deh 4jt, minjem CC temen gue, terus gue cicil 0% selama 3 bulan. lumayaaannnnn :p

dan emang keren. lid-nya itu warna piano black glossy… mungkin ini yang bikin keren. kalo dari segi berat sih ya emang berat, bayangin aja, layar 15,6 inch, terus pake HDD, terus ada DVD/CDRW drive…. oh iya… DVD/CDRW drive-nya model slot in, yang nyedot gitu, bukan yang model keluar laci terus dvd/cd-nya ditaroh. kueren. plus RAM 4GB udah sangat memadai (sampe sekarang ini), dan hdd 500GB. tapi yang paling bikin suka sama ini lappie adalah layarnya yang 15,6 inch itu….. kayak dimasukin ke dalem panel kaca, jadinya rata, errr… gimana ya ngejelasinnya, jadi kayak layar hape jaman sekarang deh, pinggiran (bezel) sama lcd-nya rata, kan kalo kebanyakan laptop itu antara bezel dan lcd-nya gak rata, maksudnya ada lekukan gitu dari bezel ke lcd, ini enggakk.. bener2 rata.. .jadi menurut gue keren.

keyboardnya gede lah, standar keyboard biasa, karena layar 15,6 inch, jadinya ada dedicated numpad (tau kan yang sebelah kanan kibor biasa yang biasa buat angka doang), kalo laptop 14 inch kan umumnya untuk numpadnya pake function key… kalo ini dedicated. wow.

touchpadnya juga okeh…. eh… nah ini yang menarik.. untuk tombol volume up down sama tombol apalagi gitu gue lupa, posisinya sebelah kiri atas keyboard, itu pake kapasitif button gitu… keren deh, macam touchscreen. layar komputernya sih gak touchscreen ya. tombol power aja yang tombolnya bukan kapasitif.

OS-nya dapet Windows7 Home Premium. hail yes. dan ada pre-installednya, jadi gak perlu CD recovery kalo ada masalah bisa recovery langsung tanpa CD, walau harus ati-ati dengan resiko HDD ngadat.

performa… okelah…. karena masih HDD tentu gak se snappy kompie jaman sekarang yang kebanyakan udah pake SSD, masih memadai menurut gue, dan 15.6 inch layar itu sangat membantu kalo buat liat-liat file excel.

port seinget gue lengkap, ada 4 port USB2 (waktu itu usb3 belum lahir), HDMI juga ada, terus port VGA juga ada, slot SD card, bluetooth build in… okelahhhh.

tapi karena gede dan berat, gue gak pernah bawa leptop ini keluar dari rumah, kecuali kalo lagi darurat komputer hari-hari gue ngadat, atau gue perlu melakukan sesuatu dengan si id58 ini, baru deh gue bawa. gak recommended buat di bawa sehari-hari karena gede dan berat, makanya gue bilang ini cocoknya desktop replacement.

gue sendiri emang lebih prefer pake laptop layar 15,6 inch daripada beli PC dan monitor terpisah, karena 1 lebih ringkes, 2 walaupun berat dan gede tapi masih portable banget daripada gue nenteng PC dan monitor, dan yang ketiga adalah udah ada batre, mati listrik masih cuek, gak kayak PC yang harus pake UPS.

buat gaming… errr.. gak pernah gue pake. oh iya, VGA-nya kalo ga salah udah NVIDIA pa gitu.. lupa gue, soalnya udah lama banget ini komputer gue simpen. dan gak pernah gue pake buat main game juga sih….. emang lappie buat gue lebih banyak buat word, excel, sama kerja deh, paling internet browsing.

apalagi yang unik ya dari id58 ini, mungkin desainnya sih emang yang cakep. oh ya, speaker-nya grillnya modelnya ngelengkung gitu, bahan plastik sih, unik aja sih. posisinya ada di atas kibor.

cakep deh pokoknya (laptopnya ya).. walau performanya menurut gue biasa aja, tapi keren tetap.

gambar gambarrrrr, nyomot di internet as usual :p

oh iya, gateway ini konon dulu katanya merk amerika, terus dibeli dari acer, jadi kalo untuk produk gateway di indonesia service centernya di acer.

gitu dulu ah

salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *