Ingress – Part 1 – introduction

ngebahas game ah.

asik nih game, kalo biasanya game adventure itu kita jalan-jalannya secara virtual di hape/gadgetnya aja, kalo game ingress ini, bener-bener harus jalan-jalan. kalo yang udah pernah pake gps navigasi di mobil, atau udah familiar pake google maps untuk cari alamat, nah… ini mirip2 seperti itu, tapi bedanya adalah kalo di gps navigasi mobil biasanya gedung-gedung tertentu ditunjukin di peta-nya, nah.. kalo ingress ini enggak… yang tampil di layar hape adalah peta jalan, icon segitiga yang menandakan posisi kita (just like di gps), dan sisanya adalah gambar api warna ijo, biru, sama putih, sama garis-garis warna biru dan ijo. kadang-kadang kalo lewat jalan atau daerah tertentu, layarnya bisa warna ijo semua (jalannya masih tetep keliatan)… kadang-kadang layarnya bisa warna biru semua. asiknya lagi, situasi warna gambar api, garis-garis, serta warna ijo dan biru itu bisa berubah-ubah setiap harinya. tapi kembali lagi, ini tergantung di mana kita install dan buka game ingress ini, kalo emang pas lagi buka terus layarnya cuma ada gambar peta jalan doang, gak keliatan api-api, garis-garis, dan lain lain yang seperti gue bilang di atas, well… it’s time to move, coba deh jalan-jalan ke tempat yang agak rame, dan selama jalan… ya tergantung, kalo jalan kaki masih bisa sambil liat hape, kalo naik motor… ya coba aja jalan dulu ke tempat rame.. terus berhenti dan buka lagi aplikasi ingress-nya…. dan liat, kalo naik mobil… yah.. bisa dinyalain terus layar hapenya, tapi tetep harus hati-hati yah nyetirnya.

gamenya sendiri bisa dibilang perpaduan antara adventure, war, strategi, tag-team, karena bener-bener ada jalan-jalannya, ada ngatur strateginya, ada musuhnya (nah, disini musuhnya juga bukan komputer, tapi player lain…. player lain bisa jadi kawan, bisa jadi lawan, bisa juga kelihatannya kawan padahal lawan), ada unsur spy-nya juga (intel… bukan prosesor yah… maksudnya intelejen), terus bisa dibilang ada warnya karena memang ada tembak-tembakannya, ada defensifnya, pokoknya campur aduk deh, ada juga game memory-nya, dan yang pasti game ini free, aplikasinya gak perlu beli, dan di dalam game-nya gak ada in app purchase. so worried not. [UPDATE 17DES2015: sejak sekitar sebulan yang lalu, akhirnya ingress jualan inventory online]

kalo menurut gue pribadi, game ini untuk orang-orang yg udah cukup gede, tau jalan, bisa dimainin sama anak-anak kecil, mungkin kisaran 5 tahun sampe 10 tahun masih tetep harus ditemenin orang tuanya, kalo enggak gawat, bisa kelayapan kemana-mana sendirian, bahaya.

game ini…. secara virtual di aplikasinya kita bisa saling bertegur sama dengan pemain lain, tapi secara realitas, game ini mau gak mau memaksa kita untuk bertemu dengan pemain lain (kalau kita mau bermain strategi/tag-team), mau main sendiri juga bisa, gak harus ketemu pemain lain juga gak papa, tapi rasanya greget-nya jadi agak kurang, dan cenderung capek sendiri :D. biasanya sih, sebaiknya ketemuan sama pemain-pemain lain yang emang mainnya di daerah yang sama.

untuk saat ini, game ini hanya tersedia di platform hape dengan OS android, dan iOS. hape dengan OS windows phone gak bisa, dan juga gak bisa dimainin di pc, pc dipake paling sebatas alat bantu untuk intel, melihat kondisi daerah permainan secara keseluruhan, untuk atur strategi, tapi gak bisa dibawa buat main kemana-mana.

nah, gue gak pernah pake iphone… jadi gue gak tau di iphone versi berapa minimal dia bisa jalan. yang jelas kalo di android, kayaknya minimal OS-nya ICS. terus ini yang paling penting, minimal layar-nya 4 inci, kurang dari 4 inci, gambarnya ada yang kepotong. gue pernah nyoba install di layar hape 4 inci dan pake on screen button (gak ada dedicated button buat home and back), artinya… kurang lebih layar buat nampilin UI nya cuma tersisa 3,7 inci (buat virtual/onscreen button biasanya makan 0,3 inci). RAM…. rasanya kalo mau main rada nyaman, minimal 1GB, kalo mau nyaman pake RAM yang 2GB, mau lebih nyaman/cepet lagi, pake RAM yang 3 atau 4GB. kalo gpu (graphic processing unit) sama aja lah, higher spec better as usual, tapi mau pake mali, adreno, intel, seharusnya ga ada masalah. chipset/prosesor juga any, bisa qualcomm snapdragon, exynos-nya samsung, MTK, intel… no probs, rasanya sih minimal tapi yang dual core yah… agak nyaman, mau nyaman ya yang quadcore, internal storage…. 4GB sih cukup… gak gede kok makan storagenya ini game, puluhan MB saja kalo gak salah. tapi kembali lagi tergantung penggunaan masing-masing, kalo hapenya cuma diinstall ingress aja sih 4GB sih cukup, gitu yang pasti, tapi kalo temen aplikasinya banyak…. ya silakan ke 8GB, 16GB, 32 GB, monggo aja… :p

satu hal yang pasti dan mandatori alias wajib, hape-nya harus punya GPS…dan koneksi internet minimal 3G. kalo pake EDGE sih masih agak lumayan, cuma pengalaman agak lama loadingnya, sering lag, kalo pas dapet sinyal internetnya 2G aka gprs… yah.. mending tutup aja aplikasi ingressnya, dan ngelayap ke tempat lain yang koneksi internetnya lebih kenceng :D. internetnya bisa pake wifi atau jaringan seluler, gak masalah, yang penting speednya minimal menurut gue 384kbps aka 3G.

well, rasanya segitu ada dulu introductionnya, game ingress ini bisa didownload di playstorenya android, atau appstorenya ios, tinggal search aja, ingress. install… and u are ready to play.

next, kita akan bahas kapan-kapan detilnya, step by step, how to play, the basic, how to level up, tips and tricks, semuanya yang berkaitan sama game ingress ini lah. yang pasti kalo udah cocok sama gameplay-nya, siap-siap, beli power bank 😀

salam, may the shapers be with you 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *