Ingress dan Pokemon Go: Bermain Aman (Safety)

Sudah hampir sekitar dua tahun belakangan ini, gue main game online yang namanya ingress, sebuah game yang katanya augmented reality, di mana game-nya diinstall di smartphone (yang menggunakan OS android dan iOS), GPS based, di mana untuk bermain game ini, harus kelayapan jalan-jalan. intinya gitu. game ini dibuat sama perusahaan  yang namanya Niantic.

Belakangan ini, Niantic ngeluarin game augmented reality lagi, yang lagi tenar kenamaan dimana-mana saat ini, adalah Pokemon Go. prinsip permainannya sama, pemain harus jalan-jalan untuk nangkep pokemon sama ngumpulin inventori untuk bisa nangkep pokemon (pokeball, greatball, ultraball, raspberry), atau ngumpulin inventori buat modal battle/fight di gym (potion buat nyembuhin luka, revive buat mbangunin pokemon pingsan). caranya tinggal cari pokestop yang banyak bertebaran di jalan, dicolek, keluar deh inventorinya.

anyhow… inti dari kedua permainan tersebut di atas adalah go out, jalan-jalan, mencari titik titik di mana ada portal (kalo di ingress) atau pokestop/pokegym (kalo di pokemongo).

Nah, disinilah kita harus berhati-hati. Kalo ingress player (disebutnya agents), itu setau gue yang maen rata-rata udah pada gede2, SMA ke atas lah pada umumnya, malah yang gue tau kebanyakan orang kerja. SMP sama SD ada, tapi sangat dikit, karena wajar aja, ini game bener2 harus kelayapan kesana sini kalo bener2 udah ngerti game play-nya, dan emang asyiknya maen game ini emang kelayapannya itu.

sedangkan kalo pokemon, well… it’s Nintendo…. yang memang terkenal kalo bikin game untuk keluarga, jadinya memang banyak anak-anak kecil  yang mainin. nah.. disini niantic sebetulnya udah bikin pengamanan juga untuk login, pake pokemon trainer club (ptc), di mana orang tuanya yang bikin ptc, nanti anaknya didaftarin di ptc, karena kalo mau maen/login pokemon pake gmail itu minimal usia 13 taun.

ingress dan pokemongo itu adalah game yang dirancang dimainkan dengan berjalan kaki, namun dalam prakteknya (setau saya) di Indonesia, banyak yang mainin sambil naik sepeda, naik motor, atau naik mobil. niantic sendiri tidak menganjurkan untuk memainkan game buatan mereka (red: ingress & pokemon go) sambil mengemudikan kendaraan bermotor baik roda empat maupun roda dua.

nah… disinilah mulai permasalahannya. khususnya dengan sedang maraknya permainan pokemon go saat ini, banyak berita2 bermunculan banyak terjadi kecelakaan karena para pemain pokemon go karena terlalu asik main, mata terus melihat ke layar handphone dan tidak memperhatikan lingkungan sekitar.

nah, gue sendiri, termasuk yang kategori bandel dalam mainin game ini… jadi gini…..rumah gue lumayan jauh deh jaraknya ke kantor, yang waktu tempuhnya bisa mencapai 1,5-2jam, berangkat doang, pulang juga segitu, jadi otomatis sehari gue menghabiskan waktu 3-4 jam di jalanan, dari hari senin sampe hari jum’at. dan lalulintas jakarta itu tau sendiri dong kalo pagi, antri dimana-mana (baca: padat, macet, merayap, dan sejenisnya).. belum lagi tol yang menuju jakarta antriannya juga lumayan. sebelum gue maen ingress dan pokemon go…ya hiburannya cuma dengerin radio aja. nah… kemudian semua berubah sejak negara api datang menyerang…. eh… salah….. maksudnya sejak gue maen ingress… kemudian belakangan pokemon go….kemacetan di jakarta bisa dijadikan advantage dalam mainin kedua game ini.

lho? kok advantage? gini… niantic membuat game ingress dan pokemon go ini pada dasarnya untuk dimainkan sambil jalan kaki. buktinya sederhana? kalo di ingress… buat pemain yang udah jalan kaki sekiran ratus km… atau sekiran ribu km…itu dapet badge yang namanya trekker. urutannya kalo ga salah jalan 10km dapet bronze badge/medal, 100km dapet silver, 300km dapet gold, 1000km dapet platinum, dan 2.500km dapet onyx/black.

contoh gambarnya berikut di bawah ini:

gambar di atas menunjukan si agent (player), itu sejak awal maen ingress, udah (dianggap) berjalan total sejauh 2.061km. luar biasa kan? lha kok bisa diitung udah jalan berapa km-nya? jangan lupa.. ingress (dan pokemon go) adalah game berbasis gps…. jadi ya selama si gamer bergerak dan nyalain aplikasinya (ingress atau pokemon go)… ya akan keukur deh pergerakannya si pemain. kalo dia naik mobil dan jalannya lancar n ngebut (misal di atas 40kpj)… itu gak akan dihitung… tapi kalo naik mobil dan jalanannya macet (speed-nya jadi 5 – 10 km perjam di itungnya)… nah.. ini dihitung. ngerti kan maksud gue? jadi maen ingress/pokemon go… kalo mau ngejar kilometeran ini… tinggal nyalain aplikasinya.. nyetir deh di kemacetan di jakarta.

lho.. kok jadi malah ngebahas itu…. back to topic.. kembali lagi masalah bermain safety di kedua game ini. bahaya.. kalo jalan di jalanan ramai… tapi gak liat kedepan…. liatnya ke layar hapeeee terus… ini yang bahaya dan gak boleh.. mau jalan kaki, naik sepeda, naik motor, naik mobil.. ya kalo jalan harus liat ke depan.. jangan liat layar hape melulu.

nah… yang gue lakukan adalah… gue nyetir sendiri, naek mobil, tapi gue apal lokasi portal (ingress) atau pokestop/pokegym (pokemon) ada di mana aja. jadi gue nyetir biasa aja, aplikasi game dinyalain… terus kalo udah deket sama lokasi portal/pokestop/gym… ya gue tinggal ambil hapenya… totol portalnya terus hack.. atau colek pokestopnya.. beres. kalo misalnya gue ngerasa harus berhenti.. ya gue cari berhenti di pinggiran, dan gak ganggu kelancaran lalulintas disitu. kalo ga bisa berhenti ya udah.. jalan aja terus… ga usah dipikirin, atau maksain berhenti cuma khusus buat mau hack portal/colek pokestop.. apalagi berantem di gym. safety first… jangan lah nyetir tapi mata ngeliat ke hape terus. sangat bahaya… kalo mau maen.. ya yang safety lah.. be a smart player. misal kata pas lagi macet.. boleh deh pas lagi berenti utak atik deh tu hape, mau nangkep pokemon, mau colek stop, tembakin portal.. or whatever… sepanjang emang pas lagi berhenti. tapi kalo udah mulai jalan.. langsung taroh hape.. fokus lagi nyetir liat ke depan. jangan nih ya.. misal lagi macet.. terus ada pokemon yang kita belum pernah dapet… terus kita coba tangkep.. terus lalulintasnya jalan…. terus tetep dimaenin pokemonnya sambil jalan. ini bahaya. dan buat gue yang paling dudulz adalah waktu gue baca berita (di amerika or mana lah gitu) ada yang kecelakaan di tol, cuma gara-gara dia mau nangkep pikacu. geblek gak tuh. maksud gue.. iya.. gue paham.. karena gue sampe saat ini pokemon go udah level 26… dan masih belum dapet pikacu :(… tapi kalo sampe membahayakan nyawa orang lain dan nyawa sendiri… ya enggak segitunya juga kali. it’s only a game.. dan safety first.

gue pernah ngeliat juga, naik motor sambil liatin layar hape… dang…. lebih beresiko tinggi lagi.. mana di komplek sore-sore pas lagi rame pulak… ampun deh ah.

khusus untuk pokemon go, niantic udah bikin warning, pada saat kita naik kendaraan dan kecepatannya melebihi sekian puluh kpj… akan muncul pop up warning… well… ada opsinya sih.. tinggal tap i’m a passanger alias gak nyetir.. terus bisa dimainin lagi.

paling aman emang tetep… main sambil jalan kaki.. tapi liat-liat juga waktunya.. dan lokasinya…. gini… kalo emang tempatnya sepi dan kita gak kenal daerahnya…  apalagi malem-malem banget….gak ada salahnya hape dimasukin ke dalam kantong.. walaupun ada pikacu nongol di layar 3 bijik sekaligus… tapi hape dirampok orang/dibegal.. mau ngomong apa. safety first lah. ini beberapa temen pernah kejadian.. yang malem2 hapenya disamber jambret… ada juga yang mau dibegal…. kejadiannya rata-rata naik motor, malem2… dan ya itu.. sambil maen game.

well… intinya.. maenin ingress dan pokemon go itu kita harus lebih bijak dan waspada, karena mainnya bener2 diluaran rumah… mau jalan kaki, naik sepeda, motor, mobil, angkutan umum… tetep aja masing-masing ada safety rules-nya sendiri-sendiri. yang jalan kaki harus waspada kalo sambil jalan/nyebrang jalan, naik sepeda/motor jangan sambil jalan sambil liat hape, mobil juga gitu, naik angkutan umum ya liat2 juga situasi angkutan umumnya juga, gak lucu kalo dipalak/dibegal hape ilang di angkutan umum.

ada sih… khususnya pokemon go… kalo mau bener2 aman… maen pokemon go -nya di rumah pake komputer… atau malsuin lokasi gps di hape… tapi cara ini dikategorikan curang sama Niantic.. dan kalau ketauan, bisa di banned alias akunnya di tutup paksa sama niantic.. jadinya ga bisa maen lagi.

so… be wise, precaution, and keep the fair game… urusan cheat maen game… eh buset deh, maen aja pake curang… gimane bisnis 🙁 itu namanya menghalalkan segala cara untuk meraih kemenangan.. ya menurut gue gak bener lah, gak mendidik mental/moralitas… ciyeeeeh :p

udah segitu aja lah dulu.. panjang amat tulisannya kayaknya ya.. jatohnya kayak curcol lagi ntar.. gegara pokemon go kebanyakan pemain/trainer level tinggi yang curang 🙁

wkwkwkwk

salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *