Home Network Media Sharing – DLNA – Bagian 2

ngelanjutin tulisan gue sebelumnya tentang home network media sharing – DLNA – Bagian 1…. sorry, no link… silakan liat di post sebelum postingan yang ini 🙂 kita akan bahas satu-satu metode media sharing dengan menggunakan protokol DLNA ini.

cara pertama yang gue pake di rumah, dan sampe saat ini masih dipake, adalah dengan cara mencolok HDD yang ada file multimedia-nya (gambar, lagu, dan video), ke router Asus RTN-66U yang dulu gue beli 2nd dengan harga sekitar 1,5 juta’an…. di mana waktu beli ini harga barunya sekitar 2,7 juta’an…. dan banyak yang bilang router ini mahal…… karena yaaa… memang mahal……tapi sangat membantu buat gue yang gak punya latar belakang pendidikan di bidang komputer, teknologi, IT… lha wong sekolahnya bukan urusan itu (tapi nekad ya, bikin blog judulnya bahas gadget… lha habis gimana dong? orang gue hobi 🙂 ).

oh iya… ini penting, kalo emang media yang mau di sharing disimpen di HDD eksternal biasa, dan pengen disharing langsung di router… maka router-nya harus ada USB port-nya. tapi nanti dulu. belum tentu router yang ada USB port-nya bisa atau punya fitur media sharing. perhatikan dulu spesifikasinya sebelum membeli router. bisa jadi ada USB-port tapi ternyata cuma bisa untuk dicolok modem USB, atau dicolok printer. jadi sekali lagi… perhatikan spesifikasi router-nya.

sekedar ilustrasi, ini gambar boleh nemu hasil gugling, nyomot di internet, bukan gambar bikinan gue…

 

Nah, semoga dengan gambar bikinan orang di atas… bisa lebih menjelaskan seperti apa media sharing yang gue lakukan di rumah. oh iya… sekedar info aja, kalaupun gak ada modem juga sebenernya gak apa-apa, maksud gue, media sharing via DLNA ini sebenernya tidak perlu koneksi internet. tapi colok eksternal HDD ke ruter adalah wajib. kalo HDD nya gak dicolok ke ruter…. ya mana bisa di share…. gitu…..

khusus untuk router asus RTN-66U ini gampang banget settingannya. gue anggep yang baca tulisan ini udah paham cara mengakses ke settingan router via internet browser ya. simpelnya, kompie atau hape konek dulu via wifi (atau via kabel network) ke router, habis itu buka internet browser, ketik address si router, login sebagai admin. done. nanti muncul web interface-nya. sangat gampang buat gue yang gak paham komputer blas pisan. tampilannya kurang lebih seperti di bawah ini. oh iya…. ini gue skrinsut dari router asus juga, predesor alias router generasi sebelum asus RTN-66U, yaitu Asus RTN-16U.

tuh… gampang kan. ada pilihannya enable DLNA Media Server. kalo opsi ini gak di turn on kan…. maksudnya dinyalain ya…. bukan turn-on yang itu…. ya file multimedia yang ada di HDD yang dicolokin via USB ke router asus RTN66U ya gak bakalan keliatan di gadget yang konek ke router wifi yang mencoba untuk mengakses file multimedia yang disimpen di HDD yang dicolokin via USB ke router asus RTN66U…. hehehehe… pusing deh bacanya 🙂

setelah tahapan ini dilakukan, selebihnya gampang. misalnya mau nonton dari hape atau tablet…… android ya….. gue gak punya produk apel, jadi jangan tanya kalo dari iphone gimana…. cara paling gampang adalah install aplikasi yang namanya media house player. nanti muncul deh source media server-nya yang konek ke router apaan aja, terus mau disetel dimana. tentang aplikasi ini kapan-kapan gue bahas deh, menarik dia soalnya.

mau nonton lewat tivi… bisa jugaaaa… ya itu, syaratnya tv-nya harus smart tv, dengan pengertian dia bisa konek ke jaringan (via kabel LAN atau wifi), terus support media player juga. in my case, gue pake tipi merk sony yang 42 inci build in wifi, dan koneknya ke router asus via wifi alias wireless. keren kannnnn 🙂

ini baru metode pertama ya, dengan cara mencolok HDD yang berisi file multimedia ke router yang support media server, kemudian di share melalui jaringan via wifi. kapan-kapan gue bahas metode lain yang gak pake HDD…. antar hape atau tablet… gimana caranya….

sementara segitu dulu. salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *