Gelang e-Money

Wow… udah lama juga gue gak nulis dan mampir kesini. mohon maaf yah blog-ku tersayang dan para pembaca yang budiman 🙂

masih banyak aja sih utang gue buat nulis nih, tapi berhubung kesibukan sono sini… yah harap maklum ya.

kali ini gue mau ngebahas salah satu benda yang saat ini cukup setia menemani dan melingkar di pergelangan tangan. bukan smart watch, bukan smart band or whatever gadget canggih yang bisa mengukur kalori, jumlah langkah dll via bluetooth ke hape…. tapi gelang sederhana berbahan karet. entah bisa dibilang gadget atau enggak… tapi menurut gue bisa lah dikategorikan sebagai gadget 🙂

eniwei, benda yang gue masuk adalah gelang e-money dari bank mandiri. mungkin sebelumnya gue perlu kasih tulisan awal tentang e-money ini ya. prinsipnya sih uang elektronik. sampai dengan tulisan ini dibuat, ada beberapa bank yang udah ngeluarin uang elektronik seperti BCA dengan kartu flazz-nya, Bank Mandiri dengan e-toll Card, kartu e-money, kartu indomaret (ini indomaret kerjasama dengan bank mandiri kayaknya), kemudian ada Brizzi dari BRI, dan lain sebagainya. yang gue tau… kebanyakan bentuknya adalah kartu. fungsinya adalah ya sebagai pengganti uang tunai untuk transaksi apaan aja. errrr….. gak bisa dibilang transaksi apaan aja sih. beneran lah… ini bisa dibilang pengganti uang tunai. bukan kartu kredit, bukan kartu debit, tapi uang tunai…. tapi bentuknya bukan uang cash.. bentuknya kartu… tapi sekarang bentuknya gelang 😀

bingung….. 🙂

mari kita bahas lebih lanjut. apa sih perbedaan kartu kredit, kartu debit, sama uang elektronik ini.

kartu kredit, ini adalah salah satu metode pembayaran yang udah ada sejak jaman internet belum sekenceng sekarang. kartu kredit adalah kartu utang. jadi misalnya kita beli hape di toko A, bayarnya pake kartu kredit, sama toko A dianggepnya kita udah bayar lunas. hape bisa dibawa. nanti si toko A bakal nagih ke bank yang menerbitkan kartu kredit, dan bank bakal nagih ke kita. kartu kredit ini gak ada hubungannya sama rekening bank yang kita miliki. beda sama kartu debit.

kartu debit, nah… kartu debit ini cuma bisa kita miliki kalo kita punya uang di rekening bank. kartu debit ini biasanya barengan sama kartu ATM. gampangnya, kartu ATM kita masukin ke mesin ATM, mesin ATM terus keluarin uang tunai…. lha kalo kartu debit…. kita beli hape di toko A, si toko A punya mesin gesreknya, kartu debit di gesrek, masukin PIN, dan done….. uang di rekening bank kita akan langsung berkurang. ini bukan ngutang… bener2 kita bayar tunai… cuma gak perlu uang cash.

lhaa…. kalo uang elektronik….. bukan kartu kredit. bukan juga kartu debit. uang elektronik ini ya itu….. duh gimana ngejelasinnya ya. gini….. oh iya… ini tulisan buat orang yang belum pernah pake uang elektronik sama sekali seperti kartu flazz, brizzi, atau mandiri e-money, atau e-toll card.

jadi kalo kita mau pake uang elektronik itu, pertama kita harus tentuin… mau pake dari penerbit yang mana. FYI, saat ini di indonesia ada 18 penerbit uang elektronik, baik bank maupun non-bank, dengan beraneka bentuk. karena di tulisan ini lagi ngebahas gelang e-money, ya udah …. saya bahas tentang penggunaan gelang e-money aja.. sebelum makin ngelantur kesana kesini.

jadi gelang e-money ini dibikin sama bank mandiri. harga belinya 50ribu rupiah. tapi gue dapet gratisan dari sodara gue 🙂 nah…. ini saldonya masih kosong. jadi harus diisi dulu… mirip sama isi pulsa hape lah.. cuma ini diisiinnya ke si gelang e-money ini.

sedikit ngebahas teknis-nya, si gelang e-money ini mempergunakan teknologi NFC. apa itu NFC…. kependekan dari Near Field Communication…. bisa digugling lah tentang NFC ini. nah…. ngelanjutin lagi tadi, saldo-nya gelang ini masih kosong, jadi harus diisi dulu. gimana caranya? ini yang gue seneng dari produk e-money-nya bank mandiri.

cara pengisian metode pertama bisa ke indomart atau alfamart terdekat, bilang mau isi ulang… kasih duit… nanti diisiin dengan prosedurnya mereka. nah metode kedua bisa juga ke bank mandiri-nya, ke teller-nya, bilang mau isi ulang e-money, nanti dibantuin sama mereka prosedurnya. metode ketiga kalo udah punya rekening bank mandiri dan atm mandiri…. tinggal ke ATM bank mandiri. tapi diliat mesin ATM-nya, udah harus yang ada reader (mesin baca) si kartu uang elektroniknya. in my case… dalam bentuk gelang ini. jadi gue tinggal ke mesin ATM bank mandiri yang udah ada reader-nya, terus masuk ke menu isi ulang uang elektronik, masukin jumlah yang mau ditambahin, tempelin gelang ke reader-nya… done.

terus terang…. kalo dibandingin sama cara isi kartu flazz BCA (kalo melalui mesin ATM)… bank mandiri masih lebih banyak dan mudah. isi kartu flazz BCA secara mandiri melalui ATM setau gue masih belum banyak tempat-tempatnya.  masih banyakan bank mandiri lah.

nah, sekarang penggunaannya. bisa dipake buat belanja (di merchant yang ada reader-nya), inget ya…. harus ada readernya. yang sering gue lakuin dengan gelang ini sih buat lewatin Gerbang Tol Otomatis (GTO), sama kalo belanja2 ringan di indomart/alfamart. tinggal tempel… done. saldo di gelang langsung berkurang. oh iya… maksimum diisi duitnya kalo gak salah sejuta rupiah. biar gak terlalu nyesek kalo ilang… gue dulu pernah tuh.. isi ulang e-toll card di atm… 300rb… eh.. buru2… lupa ambil e-toll cardnya, masih ketinggalan di reader… ya raib lah 🙁

dan yang paling menarik menurut gue adalah ada aplikasinya di playstore.. bisa cek saldo yang ada di gelang duitnya tinggal berapa. ini penting. beberapa kasus (bukan gue) terkait dengan penggunaan e-toll card dan GTO adalah, kita suka lupa saldo di e-toll card tinggal berapa. begitu masup ke barisan GTO… tempel di reader… ternyata saldo kurang. yang ada dimarahin sama mobil2 yang antri di belakang kita. nah….. gelang ini juga gitu… sama… bisa dicek saldonya pake hape. syaratnya ya hape-nya harus support NFC. kalo enggak ya gak bisa. dan aplikasi buat cek saldo ini sifatnya gak harus online… jadi gak ada koneksi internet juga gak masalah. karena dia cuma ngecek berapa saldo yang tersisa secara offline.

foto foto fotoooooo

tampak depan

tampak belakang

 

tampak dipake

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *