Chipset/Procie Hape, RAM, chipset grafis hape dan hal lain yang terkait

kenapa gue milih judul kayak gitu? ok.. gini… jadi hape gue yang terakhir pake procie snapdragon seri 8 itu xperia Z Ultra (sd800), terus ada xperia z1 compact (sd801), sama asus padfone s plus (sd801), di mana ZU dan Z1c itu ram-nya 2GB, storage internalnya 16GB, sedangkan padfone s plus itu internal storagenya 64gb dan ram-nya 3gb.

setelah itu, pake acer triple sim yang pake cipset mediatek… which is gak terlalu satisfied gue karena masalah gps-nya yang fayah…. dan terakir2 back to snapdragon ngerasain yang di zenfie (SD615 kalo ga salah) dan ZF2L6 (SD 616 kalo ga salah).

sedikit ngelantur.. kenapa gue membahas masalah cipset/procie hape disini, karena gue ngerasa SnapDragon 8xx series is the best. patokannya gampang sih kalo gue, khususnya buat maen game injustice. SD 8xx itu cuma quadcore, dengan clock di atas 2 Ghz kalo ga salah, dan RAM-nya maksimum cuma 3GB, karena keterbatasan arsitektur 32bit. SnapDragon 615/616, itu sudah 64bit, bisa mbaca RAM lebih dari 3GB, dan octacore (delapan kor) dimana dua kali lipat dibanding sama quadcore (empat kor) nya si SD8xx, tapi clock prosesornya si SD 615/616 memang lebih rendah, 1,5-1,8 ghz aja untuk procienya, dibandingkan sama 2 – 2,4 ghz SD800/801. kembali lagi maen game injustice, itu mainin di zenfie dan ZF2L6… itu berasa loading awal lebih lama dan in-game playingnya kadang suka ngelag, beda dibanding sama mainin di ZUltra (gue gak maenin di z1c karena layarnya yang mungil cuma 4,3 inch), di padfone s plus juga gitu. dan kalo memang ngeliat urut2annya sih konon SD 6xx itu kelas medium dari procie snapdragon. top line-nya ya SD8xx, dan entry-levelnya itu SD4xx. jumlah core rasanya tergantung aplikasinya apakah bisa memanfaatkan core yang ada secara maksimal, karena like i said, 1,5 ghz clock with 8 core diadu sama 2ghz clock with 4 core… masih menangan yang clock 4 core (pengalaman pribadi, gak pake benchmark, tapi pake perasaan dan kira2 ajah).

yang gak bisa bohong ya masalah RAM… RAM itu tetep, bigger is better, khususnya buat hape ber OS Android, karena makin gede RAM, makin banyak aplikasi yang bisa running di background which is natural-nya si android yang demen banget sama RAM. masalah RAM ini juga salah satu yang jadi perhatian gue sejak sekitar tahun 2012, di mana waktu itu samsung banyak ngeluarin seri galaxy dengan RAM 1gb sampe 1,5gb… which is nanggung. sejak 2012, gue udah yakin bahwa untuk hp android (saat itu)… RAM-nya kalo mau jalannya lancar minimal 2GB (pada waktu itu).

mediatek sebenernya sih oke, rata2 hape yang pake chipset ini harga jualnya lebih rendah dibanding yang pake chipset snapdragon (di kelas yang sama ya.. biasanya perhatikan clock dan jumlah core-nya). yang tak tahan ya gps-nya itu, sering gak akurat. paling parah yang gue rasain adalah chipset mediatek yang dipake di acer liquid X2 (entah apa nama chipset mediateknya).

kemudian intel ikutan bikin prosesor mobile, yang nemenin intel masuk ke pasar prosesor mobile (hape) tak lain adalah asus zenfone generasi pertama (kebanyakan), dan yang menjadi perhatian orang banyak saat itu adalah si zenfone 2 yang ram-nya 4GB dan internal storage 32GB. prosesornya intel kalo gak salah quadcore dengan clock 2,3 ghz… wuihhh… kenceng aja itu clock procie. dan memang… termasuk mumpuni… apalagi dengan RAM 4GB nya yang waktu itu bisa dihitung jari kompetitornya.. lancar jaya. tapi salah satu faktor yg bikin agak males adalah buat maen pokemon go versi beta… dulu belon disupport hp asus dengan procie intel. dang… wkwkwkwkwkw…jadinya gak bisa maen, tapi itu dulu sih, jaman pokemon go baru launch… sekarang mah udah gak ada masalah.

habis itu ilang, barulah ngerasain pake SD615 dari asus zenfie, dan yeah.. gue ngerasanya much better dan stabilitasnya lebih mending dibanding procie mediatek ato intel, dengan RAM minimal 3GB.

2017… RAM 3GB dan procie medium udah kurang memadai buat run android…. akhinya gue mutusin untuk coba beli V20, yang RAM-nya 4GB (harusnya mereka punya yang 6gb) dengan internal storage 64gb.┬ánanti gue bahas tersendiri deh.

enihow… sedihnya… saat ini gue ngerasa RAM 4GB kayaknya udah gak cukup deh buat njalanin hp android dengan nyaman. sepertinya 6GB RAM untuk saat ini sampe 1 atau 2 tahun kedepan itu udah minimal. yang entry level atau medium level tetap.

makin gak runut nulisnya… snapdragon seri 8 yang gak gue punya adalah yang SD810… yang konon dianggap kurang berhasil mengikuti jejak kesuksesan SD800/801. konon SD810 ada masasalah dengan heat problem.

singkat cerita, gw pengen punya hape dengan procie SD820 (dilanjutnyan dengan 821 dan terakhir 835).. hap dengan minimal RAM 4GB (pengennya sih 6GB), layar 5,5 inch… dan mengarahnya tadinya ke oneplus 3t midnight black (SD821 RAM 6GB/128GB, tapi karena oneplus 3t ini tidak masuk resmi ke indonesia, jadinya barang BM. untuk hape dengan harga 7jt ke atas kok rasanya berat ya hape tanpa garansi itu.

pada akhirnya LG V20 yang jadi pilihan. kenapa? nanti kapan2 diceritain di bahasan sendiri yah.

oiya, sedikit aja, untuk chip grafis, masing2 (snapdragon, mediatek, intel) punya jagoan sendiri2. kalo snapdragon biasanya pake adreno, kalo mediatek biasanya pake mali, dan kalo intel biasanya pake power VR.

dah gitu aja dulu

salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *