BTHF bagian 4: smart wireless headset pro – arsip allaboutmygadget

bluetooth handsfree bagian 4: Smart Wireless Headset Pro

Sony Ericsson bubar….kongsi antara Sony dengan Ericsson yang selama ini dikenal dengan Sony Ericsson akhirnya bubar. Sony kemudian membentuk divisi Sony Mobile… ya, ini mungkin penerusnya dari Sony Ericsson.

Gebrakan pertama Sony Mobile di dunia mobilephone adalah dengan mengeluarkan 3 ponsel Xperia, dengan Xperia S, P dan U… dengan iconic design ada transparan strip di bagian bawah ketiga ponsel tersebut. tapi gue gak akan ngebahas handphone ini, nanti…. karena sekarang masih mau ngebahas bluetooth handsfree berikutnya, yaitu Smart Wireless Headset Pro 🙂

secara ukuran beda jauh deh sama si mw600. ini gendut kemana-mana, dan bentuknya kotak gitu, tapi okeh performa-nya. liat aja gambar dibawah… si montog dan si langsing.

dimana letak okeh performanya? pertama, sama halnya dengan si mw600, si smart wireless headset pro atau kita singkat aja jadi swhpro ini, juga dilengkapi dengan build in radio. yang paling menarik, juga dilengkapi dengan slot microSD, jadi bisa jadi standalone mp3 player 🙂

lho? maksudnya gimana? bukannya pake mw600 juga bisa dengerin mp3 dari handphone? Anda benar. tapi jangan lupa, lokasi file mp3 kalo denger di mw600 itu ada di memoricard si handphone. misalnya mw600 di pair sama xperia P, ya lagu-lagu yang filenya disimpen di xperia P di streaming ke mw600.

Swhpro juga sama bisa seperti itu, tapi kalo misalnya kita lagi males bawa HP, misalnya mau lari pagi atau sepedahan sore gitu, tapi pengen dengerin lagu koleksi kita sendiri, ya pake swhpro ini. tinggal simpen file mp3-nya di microSD, masukin ke swhpro, setel deh… gak perlu bawa hp-nya bisa dengerin lagu.

dan terakhirannya emang gitu sih…. si swhpro ini jarang banget dipake buat nelpon, lebih seringnya dipake buat denger lagu atau radio kalo lagi naek bis atau sepeda, which is juga udah jarang banget sih sekarang ini.

kebeneran beberapa hari yang lalu sempet ngetest kualitas suara mw600 sama swhpro ini, nelpon ke temen, katanya sih kualitas suara gue lebih jelas kedengeran waktu pake swhpro dibanding waktu pake mw600. namun sayangnya si swhpro ini tidak dilengkapi dengan noise cancellation (kayaknya). memang sih mic-nya sensitif jadi suara gue jelas terdengar. tapi kalo lingkungan sekitar berisik… jelas kedengeran juga suara berisik sekitarnya itu.

nah…. disinilah baru nyadar ternyata pentingnya fitur yang sering disebut noise cancellation. apa itu noise cancellation? yah… akan dibahas lebih lanjut nanti. intinya sih, bagaimana meredam/menyaring suara berisik yang disekitar kita pas lagi nelpon (contoh: lagi di jalan raya).. biar gak terlalu kedengeran di lawan bicara. we’ll talk about this later.

swhpro ini juga udah support multipoint. gak seperti mw600 tapinya, bener2 bisa konek ke dua henpon sekaligus secara bersamaan, dan bisa terima telpon dari kedua2nya (tapi yang ini gantian). paling enggak, misalnya lagi nelpon pake xperia P, terus ada telpon masuk di acro S, gue denger notifikasi di earphone, di display swhpro muncul siapa yang nelpon, dan gue bisa jawab langsung di swhpro.

sori agak mundur sedikit, ngebahas swhpro ini… rasanya kurang optimal kalo gak dipasangkan dengan hp android. kenapa? secara fungsi basic sih iya, tetep bisa dipake, maksudnya buat nelpon, denger mp3, caller ID, multipoint. tapi, kalo pake hp android terus gak install aplikasinya yang ada di playstore, jadinya gak optimal pemakaiannya. kenapa? contoh: kalo gak install aplikasinya, kalo denger lagu dari hp, itu id tag gak bakalan keluar. terus caller ID juga yang muncul cuma nomer aja. selain itu, jam juga gak bisa ditampilin di layar swhpro. masih banyak fitur lain dari aplikasi swhpro ini seperti bisa nampilin tweet, facebook, calendar, misscall, apalagi yah? oh iya… bisa juga buat nyari telponnya kalo lagi keselip. misalnya hp lupa ditaroh dimana dan dalam posisi silent/vibrate… nah pake apps dari swhpro nanti bisa kirim sinyal ke hp untuk bunyiin ringtone dengan suara yang kenceng walau hape dalam posisi silent.

anyway, seiring berjalannya waktu, dan semakin seringnya gue bertelepon ria sembari nyetir mobil, yang mana katanya berbahaya dan memang bahaya, gue ngerasa pake swhpro ini kurang praktis kalo buat sembari nyetir. kenapa?
1. kabel earphone yang bikin repot. bayangin coba, njepit swhpro di kerah ato kantong baju, kabel earphone melingkari belakang leher, kalo ada telpon masuk harus liat hp dulu siapa yang nelpon atau harus liat display, terus harus masang earphone di kuping…. intinya…. ribet kalo buat dipake sembari nyetir.
2. earphone kiri kanan gak bisa dipake dua2nya sekaligus. bukan gak bisa sih… tapi tidak disarankan… apalagi sembari nyetir. bahaya….

akhirnya pas lagi jalan2 di suatu tempat, kepincut sama plantronics discovery 975…. single earpiece, cocok buat nelpon dimobil… dan as usual…. akan dibahas lebih lanjut.

sekian dulu urusan swhpro, dan nanti akan dilanjut dengan plantronics discovery 975

Posted 4th April 2013 by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *