bluetooth handsfree bagian 3: SE MW600 – Arsip allaboutmygadget

bluetooth handsfree bagian 3 : SE MW600

lanjut ah….

setelah punya itech clipradio, memang dasar manusia pada dasarnya selalu mencari yang lebih baik dan tidak pernah puas 🙂

asik memang pake itech clipradio, bisa dengerin radio, bisa dengerin lagu yang ada di handphone, sama bisa nelpon tanpa harus megang handphonenya (ya iyalah… namanya juga handsfree).

tapi ada satu bagian yang kurang begitu menyenangkan terkait dengan fitur radio di itech clipradio ini, dan itu adalah mencari stasiun radio yang mau didengerin. karena gak ada display-nya, jadi untuk tau stasiun radio apa yang lagi didengerin, mau gak mau ya nungguin penyiarnya ngomong, atau nunggu jingle/tagline si radio disetel. ini yang ngejengkelin, misalnya mau denger cosmopolitan fm, ya harus tebak2 dulu bener gak ya ni kira2. bagusnya, si itech clip radio ini bisa nyimpen 3 atau 4 stasiun radio favorit. kebeneran radio favorit gue cuma ada 3, hardrock fm, cosmopolitan fm, sama i-radio, jadi ya pas deh. tapi nyebelin juga kalo lagi mau dengerin stasiun radio lain, gak bisa tau ini radio lagi di frekwensi berapa, harus mencet berapa kali lagi untuk search stasiun radio yang dicari.

eeeehhhh…. muncul kemudian si SE MW600. si bluetooth handsfree yang kecil mungil tapi sakti, dilengkapi dengan build in radio, plus display led. khusus untuk radionya, jadi bisa keliatan frekwensi radio yang didengerin itu frekwensi berapa. yah paling enggak harus ngapalin frekwensi radio favorit lah 🙂

ada beberapa hal yang menarik dari fitur si MW600 ini, antara lain adalah multipoint, yang akan gue bahas lagi nanti, karena saat ini batre tinggal 7% dan belum dicolok ke listrik.

yak… listrik udah dicolok dan siap nulis lagi 🙂

baiklah, tentang mw600 ini… rasanya gue dulu pernah nulis deh kalo gak salah. bentar… cek dulu… dan salah… ternyata yang pernah gue tulis adalah tentang si itech clipradio :).

ok, pada jaman si mw600 ini keluar, sekitar tahun 2010 deh kayaknya, fungsi multipoint ini rasa-rasanya sih belum banyak. apa sih yang dimaksud multipoint disini? maksudnya adalah sebuah bluetooth handsfree bisa terkoneksi/tersambung via bluetooth dengan 2 ponsel secara bersamaan/simultan. misalnya… gue punya xperia x10 mini pro (x10mp) sama xperia pro (xpro), si mw600 ini bisa konek sekaligus ke x10mp dan xpro.

wow… keren dong. iya… gue sangkain pertama kalinya juga gitu. gue sangkain kalo gue konekin si mw600 ke x10mp dan xpro, kalo gue ditelpon di x10mp gue bisa jawab pake mw600, dan kalo gue ditelpon di xpro gue juga tetep bisa jawab pake mw600.  setelah dipelajari lebih lanjut……. ternyata enggak 🙁

gini…. memang si mw600 bisa konek sekaligus ke x10mp dan xpro secara bersamaan via bluetooth. tapi kita harus milih, mana yang konek untuk teleponan, dan mana yang konek untuk denger lagu. jadi… misalnya mw600 gue konekin ke x10mp buat nelpon dan ke xpro buat denger lagu, pas gue lagi denger lagu dari xpro terus ada telpon masuk ke nomer yg ada di xpro, gue gak bisa jawab lewat mw600, harus tetep jawab di handsetnya si xpro 🙁 jadi tergantung sama setting awalnya mau gimana. atau kalo gue lagi denger radio dari mw600, terus ada telpon masuk di si xpro… ya gue tetep terimanya harus di xpro.

jadi, multipoint di mw600 itu bener memang bisa konek ke dua ponsel sekaligus, tapi 1 untuk jalur telepon, 1 untuk jalur denger lagu. gak bisa untuk jawab telpon dua-duanya, harus salah satu 🙁

saran gue buat yang pengen beli mw600 ini dan punya dua ponsel yang pengen dikonekin ke mw600 untuk optimalisasinya, mending jangan.

itu minus-nya sih, kalo plusnya banyak. sleek design, salah satu bluetooth hf a2dp terbaik, terlangsing, dan fungsional sampai saat ini, lengkap dengan display led dan build in radio. rasanya baru mw600 ini aja, sama smart wireless headset pro (swhpro… we’ll talk about this thing later 🙂 ) yang bisa nampilin frekuensi radio di layar.

dan sebagaimana bthf stereo lainnya, si mw600 ini support AVCRP, lupa singkatannya apa, silakan gugling sendiri, intinya bisa forward/rewind/pause dengan si mw600nya instead of ff/rw/pause melalui ponselnya. another great thing is the touch capacitive volume button. ini keren… sumpah.

dan karena kabel earphone-nya entah kemana, saat ini si mw600 gue pasangin sama earphone sony mdr ex300sl…. jernih ajah suaranya :).. we will talk about this mdr ex300 sl later also 🙂

rasanya udah cukup lah ngebahas mw600 ini. oh iya, satu lagi, mungkin ya… mungkin… karena saking bagusnya si mw600 ini, sony mobile re-launch si mw600 ini. brand-nya jadi sony, bukan SE lagi. walaupun logo buletan SE itu tetep masih ada, tapi begitu mw600-nya dinyalain, tulisan logo yang muncul SONY, kalo mw600 yang gue punya masih yang lama, begitu dinyalain, tulisan logo yang muncul SonyEricsson. packaging-nya juga beda, terus earphone-nya juga beda.

gak tau deh, semoga mw600 yang sekarang dikeluarin sony udah diperbaiki multipoint-nya. kalo masih sama juga… weleh.

sekian dulu tentang mw600… next akan dibahas si sony smart wireless headset pro 🙂

Posted 30th March 2013 by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *