BTHF Motorola Finiti (Arsip Terastekno)

Motorola Finiti – Review
« on: September 05, 2013, 03:14:28 PM »
kurang lebih latar belakang ceritanya gini. waktu lagi baru mulai gandrung-gandrungnya sama BTHF single earpeace mono…. googling sana sini… ketemulah sama yang namanya Motorola Finiti ini. produk lama sih, kalo ga salah first launchnya sekitar taun 2010 atau 2011 gitu… lupa lah gue. bisa jadi lebih lama lagi.

apa yang menarik dari motorola finiti ini?

1. crystal talk… ini teknologi yang dikembangin motorola untuk kejernihan suara, dengan menggunakan mic kedua. di handphone motorola dulu juga banyak dipasangin fitur crystal talk ini.

2. stealth mode… nah.. ini dia yang menarik. apa itu stealth mode di motorola finiti? gini. mungkin sebelumnya gue harus cerita dulu tentang fitur noise cancellation. ini tapi pake elmu sudut pandang gue yah… mungkin gak teknis blas sama sekali.. pokoknya sepengertiannya dan sepemahamannya gue aja :)

fitur active noise cancellation intinya adalah mengeliminir suara2 background yang ada di sekitar pengguna BTHF, jadi dari sisi lawan bicara tidak mendengar suara2 background yang seringkali berisik itu. misalnya: pas lagi di jalan raya, atau lagi di tengah2 konser panggung terbuka, whatsoever deh. biasanya menggunakan mic kedua, di mana suara2 background akan ditangkep sama mic ke dua dan somehow diolah/dihilangkan jadi gak kedengeran sama lawan bicara. bahkan ada yang sampe 3 mic. mic yang pertama tugasnya jadi nangkep suara dari pengguna BTHF aja.

Nah.. kalo gue perhatiin, kebanyakan BTHF yang ada fitur noice cancellationnya, itu setelannya jadi otomatis. somehow, misalnya si BTHF bisa mendeteksi tingkat kebisingan dengan desibel tertentu, maka si mic kedua atau mic untuk mengeliminir noise background itu akan bekerja.

Nah… kalo di motorola, ini yang diterapkan di crystal talk (kayaknya)… kalo stealth mode, itu harus diaktifkan secara manual, ada tombolnya sendiri di si finiti ini.

coba perhatikan bagian earphone-nya foto yang paling kanan. itu ada jendolan kotak kecil yang ngadep ke bawah? nah.. itu adalah bone sensor, di mana sensor itu mendeteksi getaran suara si pengguna BTHF… yang somehow terus disalurkan dan ditransmit ke lawan bicara.

gue pernah ngejajal menggunakan stealth mode ini pas lagi ditengah2 musik kenceng2, di grand indonesia, pas ada air mancur yang bisa menari itu lho.. itu musiknya bener2 kenceng udah kayak di disko kali. nah… kalo stealth mode ini diaktivasi, kalo kata lawan bicara sih gak kedengeran suara background musik sama sekali. keren kan. cuma minus-nya, volume suara si pengguna BTHF terdengar jadi kecil di lawan bicara, bisa reduce sampe kurang lebih 40% kalo ga salah. sementara waktu gak pake stealth mode, sebenernya si lawan bicara juga ngedenger background musik, tapi sayup2 katanya… jadi tidak mengganggu. asli, gue sendiri jadi penasaran kayak apa sih sebenernya noise yang diredam sama si finiti ini, masa seberisik itu gak kedengeran blas pisan.

so far, the best active noise cancellation BTHF single earpiece yang pernah gue pake. Dan pasti akan gue pake kalo misalnya lagi ke tempat yang banyak berangin, atau lagi naik sepeda di jalan raya, pokoknya kalo di tempat berisik.. buat nelpon jauh lebih mending pake BTHF motorola finiti ini daripada nelpon pake handsetnya langsung.

sementara gitu dulu… nanti dilanjut lagi.

« Last Edit: September 15, 2013, 10:29:08 AM by ryolasta »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *