Aplikasi BTHF for Android (Arsip Terastekno)

Aplikasi BTHF for Android
« on: September 25, 2013, 01:47:36 PM »
Kenapa enggak gue taroh di sub-forum aplikasi android, soalnya aplikasi yang mau gue bahas disini khusus untuk BTHF. jadi biar lebih fokus dan mudah cari informasi yang berkaitan dengan BTHF, gue share disini.Dengan semakin marak-nya smartphone beberapa waktu belakangan ini, beberapa produsen BTHF juga berusaha mengoptimalkan fitur dan penggunaan BTHF di smartphone, kebanyakan untuk iphone dan android.

Bahkan beberapa produsen BTHF tertentu memang sudah mengoptimal-kan BTHF nya khusus untuk Iphone, sebagai contoh SoundID series, sejak awal sepertinya memang mereka menargetkan pengguna iphone sebagai pangsa pasar mereka. fitur yang paling sering ada adalah secara otomatis indikator batre BTHF akan muncul di layar iphone. untuk fitur ini juga dibuat oleh plantronics untuk bthf tipe tertentu mereka.

motorola, dulu pernah menyediakan aplikasi di playstore dengan nama Motospeak. fungsinya apabila ada sms masuk, maka sms tersebut akan dibacakan oleh aplikasi tersebut, sehingga bisa didengar oleh pengguna BTHF motorola. pada prinsipnya sebenarnya aplikasi ini memanfaatkan Text To Speech engine yang ada handphone android. namun sayangnya Tex To Speech saat ini masih berorientasi ke bahasa inggris. kalau sms dalam bahasa indonesia dibacanya jadi aneh. ditambah lagi, orang kalo sms sekarang suka disingkat-singkat, jadinya fitur ini lebih cenderung kurang berguna.

plantronics juga membuat beberapa aplikasi smartphone, kalo sepengetahuan gue sih untuk OS Android, antara lain MyHeadset, yang fungsinya untuk nunjukin persentase batre sisanya, terus berapa lama kira2 talktime-nya, de el el. tentu saja aplikasi ini tidak untuk semua tipe BTHF keluaran plantronics, hanya beberapa BTHF tertentu saja, dan android version-nya sendiri juga ada minimum requirement.

salah satu aplikasi menarik yang dibuat oleh plantronics adalah find my headset, di mana kalo si pengguna BTHF lupa BTHF nya ditaroh dimana/keselip, sepanjang itu BTHF masih konek dengan hape-nya, maka dari hape bisa kirim perintah ke BTHF untuk mengeluarkan bunyi beep secara terus menerus. dan tentu saja, tidak semua BTHF keluaran plantronics bisa menggunakan aplikasi ini.

Jawbone juga membuat aplikasi untuk BTHF-nya, namanya Jawbone Companion. Fungsinya kurang lebih sama, kebanyakan untuk memonitor kondisi batre.

oh iya… kalo plantronics ada fitur yang mereka sebut vocalyst, di mana dengan menekan tombol tertentu, maka BTHF akan memerintahkan ke hape untuk ke nomer telpon yang didedikasikan untuk layanan vocalyst ini. sayangnya tidak semua negara sudah ada service vocalyst ini, apalagi di Indonesia :(

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *