Asus Zenfone 5Z RAM 8GB Storage 256GB – Bagian I

Hello

Kisah tentang rencana beli hape ini sih sebenernya udah lama lah diniatin, sejak diumumin bulan apa lah gitu lupa…. udah minat sama ini hape, lebih karena speknya yang menggiurkan buat gue, SnapDragon (SD) 845 , Storage 128GB (dimana jajaran hape yang gue punya sampai dengan sebelum beli ini 5Z adalah 64GB), dan RAM 6GB (yg pernah gue punya paling gede 4GB RAMnya), dan dengan harga (pada waktu itu bilangnya) Rp6.500.000,-, dan yang 256GB kalo ga salah Rp7,5jt kira2nya.

seiring waktu berjalan… gak muncul2 barangnya (banyak yang bilang ghoib)… sabar menanti… tau2 yang muncul malah Pocophone F1 yang sama2 pake SD845, storage dan RAM yang kurang lebih sama, dan murah. kalo ga salah versi 64GB/RAM 6GB itu dilego 4,5jt. dan setelah itu barulah kemudian ga berapa lama si 5Z ini muncul di pasaran. dengan kenaikan harga berkisar 100rb – 500rb (artinya ada yang jual dari harga 7,6jt – 8jt.tergantung dimana belinya dan bagaimana cara belinya.

lagi santai2 sabar2 nungguin sampe harganya normal…. eh… V20 gue ngadat. spiker buat nelpon (yang in-ear speaker).. matek. nelpon orang gue halo2 kaga kedengeran suara orang itu, begitu di speaker phone… baru muncul. dang. kudu masup opnam ini ke LG service center mana garansi udah abis pulak. dengan alasan inilah makanya pembelian 5Z ini jadinya di akselerasi.

tadinya udah mantep, mau beli 5z yang 256GB, rencana beli di toko hape yang ada di mol Grand Indonesia. why? karena gue bisa memanfaatkan reward kartu kredit gue yang udah lumayan jumlahnya buat jadi diskonan, tapi ternyata kedua toko tersebut kaga ready stocknya untuk yang 256gb. adanya yang 128gb. ditawarin untuk inden, ya gue iyain aja. nungguin sebulan kaga dateng2 juga… tergoda untuk ngambil yang 128GB aja dimana di mol itu dihargain 6,7jt. akhirnya setelah ngobrol konsultasi diskusi dan dikomporin sama my broh yang jauh di dadap sana (tapi tiupannya bisa sampe timur jakarta.. edan)… akhirnya diputuskan untuk beli yang 256GB secara onlen… tapi yang cicilannya bisa 24 bulan alias 2 taun (EDANNNN… nyicil hape kok 2 taon).

well, bagus juga sih dipikir2 kalo dicicil 2 taon, artinya untuk pembelian hape berikutnya paling enggak harus nunggu 2 taun lagi buat gue. enihow dipikir2 juga, kapasitas 256GB, RAM 8GB, akan jadi hape mid-end (mungkin)… ya sekitar 2 taun lagi. ntah seperti apa trennya 2 taun kedepan. udah gitu SD845 rasanya juga masih bisa bertahan selama 2 tahun lah, seperti halnya SD820 yang di V20 sebenernya juga masih acceptable buat dipake saat ini, tapi karena heavy custom di V20 yang mengakibatkan susah di update, belakangan ini berasa aja agak lelet. mungkin perasaan gue aja sih. but LG V20 emang bener2 amazing…. hape pertama di dunia yang di launch pake android 7.0, dan sampe sekarang belum keliatan batang idung beritanya bakal dapet update ke android 8.0… padahal udah ada android 7.1.1, 8.1… dan android 9.0 juga udah siap beredar.

haish… back to topik. like i said, 256GB/8GB/SD845 rasanya bisa dibilang future proof, alias bisa dipake selama 2 tahun tanpa ketinggalan secara performa dengan generasi selanjutnya. bakal ada SD855 dst… kalo diikutin terus ya gak ada abisnya lah. by the way… urusan 256/8 ini juga sama kayak laptop gue si lenopo ideapad 320s… sama2 256/8… cuma beda ukuran layar sama ga ada kibor pisik aja… wkwkwkwkkw. yah.. beda fungsi lah, tapi kalo secara storage… ya sama (walau mungkin jenisnya beda, lappie pake SSD, kalo hape ntah pake apa, tapi sama2 chip lah). RAM- juga walau sama-sama 8gb tapi kalo lappie kan DDR4, ntah kalo di hape RAM-nya apaan.

seperti gue bilang tadi, beli itu tergantung dimana dan bagaimana cara pembayarannya. gue kasih ilustrasi gini deh. misal kata, harganya sama nih di BukaLapak, di BliBli, sama di toko offline, kalo mau beli pake kartu kredit cicilan 0 persen, treatmentnya jadi beda. Harga 7,7jt kalo beli di BukaLapak atau Tokopedia (similar ini).. karena mbayarnya pake CC dan cicilan 0%, ada biaya layanan, dan maksimal cicilannya adalah 1 tahun, plus ongkos kirim dan asuransi, artinya total tambahan harganya bisa nambah sekitar 250rb yang artinya harga hapenya jadi 7,95jt. ya kalo dapet yang jual harga 7,5jt, berarti jadi 7.7jt’an.

kalo di BliBli, harga 7,7jt itu bisa pake kartu kredit cicilan 0 persen,  dan untuk bank tertentu (Niaga dan permata kalo gak salah).. itu bisa dicicil sampe 24 bulan alias 2 tahun, serta free ongkir, dan gak pake asuransi (karena salah satu opsi kirimnya juga bisa pake gosend dari gojek).

nah.. kalo toko di mal GI, bisa memanfaatkan reward di CC gue buat jadi diskonan, tapi harganya kalo di mal masih 8jt, dan masalahnya adalah kaga ada stoknya.

jadi jelas… sebagaimana telah diceritakan sebelumnya di atas, gue beli di Blibli ajah. the benefit of beli dengan CC cicilan 0% adalah… ya bisa dibilang jadi pengguna awal, ngerasain baru-nya bener-bener masih baru keluar. hape yang gue terima adalah produksi september 2018 kalo liat di hapenya, asumsi melalui jalur distribusi de el es be, baru masuk di retail di oktober 2018, beli di november 2018, masih baru 2 bulan lah keluar dari pabrik.  harga biasanya bakaln turun sekitar 2-3 bulan kemudian, dan 6 bulan kemudian atau mungkin setahun kemudian. pada saat itu mungkin price drop bisa 1 jutaan, tapi pada saat itu bakal ada hape baru yang speknya lebih tinggi. mungkin… 2 tahun lagi harganya bisa turun 2 jutaan.. tapi ya seperti gue bilang, bakal ada hape baru yg speknya lebih tinggi.

yah harus awet lah make ini 5z buat 2 tahun. harusnya garansinya juga 2 taun ya.. jadinya enak kan gitu. but still… SD845/256GB/8GB dengan harga 7,7jt memang sangat menarik buat gue…. + ada NFC (soalnya ini ga ada di pocophone F1).

oh well… ceritanya udah kepanjangan. kayaknya bakal lanjut di bagian 2 deh buat experience pemakaian. oh iya… disini aja deh ceritanya urusan galau warna. tadinya mantep mau yang warna biru…. tapi kok liat2 banyakan orang make warna biru yah (termasuk Zenfone 5)….. liat silvernya kok kayaknya kinclong banget… akhirnya diputuskan (setelah ditiup sama my broh di dadap)… untuk beli silver, dan ternyata silvernya itu oke lho. gak putih2 amat, menurut gue agak sedikit ke-abu-abu muda metalik (gimana sih lo dul, silver itu ya abu-abu metalik)…. tapi enggakkkk.. maksud gue coba liat deh di gambar2 yang beredar warna silvernya tuh kinclong lebih cenderung ke warna putih. intinya yang di gambar kalo liat di website… sama liat langsung barangnya… beda banget.. buat mata gue. kalo mau yang agak mendekati mungkin cari video-nya di youtube yang bener2 mbandingin warna biru sama silver, itu lebih mendekati daripada liat fotonya di website.

udah ah.. kepanjangan nih kayaknya, ntar dilanjut kapan-kapan ke bagian 2-nya yaaaa.

kalo ada yang mau nanya-nanya atau minta gue ngetest-ngetes sesuatu yang spesifik mengenai hape ini, silakan aja. tapi saran gue nanyanya jangan yang udah sering dibahas para reviewer di jagat internet ini, karena udah ketauan jawabannya hehehehe.

salam cicilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *