Asus Zenfone 2 Laser 6 Inch (ZE601KL)

Hello

sekarang gue mau nulis tentang Zenfone 2 Laser yang layarnya 6 inch, tipenya adalah ZE601KL.

kenapa pilih beli ini? tadinya iseng buat maen doang karena ukuran layarnya yang gede (6 inch), udah gitu udah 4G dual sim, dan internal storagenya 32GB dan RAM-nya 3GB, menggunakan prosesor snapdragon 6xx (gue lupa tipenya, kalo ga salah sama kayak zenfie atau seri minor pembaharuannya gitu deh, dan pada saat gue nulis tulisan ini, hapenya lagi gak sama gue).

enihaw, not much to tell, mirip2 dengan keluarga zenfone sebelum zenfone 3 fisiknya, tombol power di sebelah atas, tombol volume di belakang (dibawah lensa), terus ada sensor laser (buat fokus) plus flash. yang membedakan dengan zenfie adalah ukuran layar (6 inch vs 5.5 inch zenfie), dan kamera depan (5mp vs 13mp di zenfie). selebihnya kayaknya sama deh. paling ada tulisan asus di sebelah atas layar yang lumayan ngejreng kalo di ZF2L6 <– ini maksudnya zenfone 2 laser 6 inch ya…hehehe.. sementara kalo zenfie gak ada karena modul kameranya yang guede dan terletak di tengah2 gitu. oiya, lampu led depan ZF2L6 juga gak ada, sementara zenfie ada.

tapi ada 1 kesamaan ternyata… dan adalah copotable batre… dan tipe batrenya sama persis. yayyyy lumayan. belakangan ini gue lebih seneng hape android yang batrenya bisa dicopot (contoh: acer liquid x2, asus zenfie, asus zf2l6, lg v20). kalo pas lagi ngadat gak ribet, tinggal copot batre.. biasanya beres. beda sama yang batrenya gak copotable (kalo bahasa inggrisnya embedded battry or non-removable battery, atau sealed battery). enihow, bisa tuker2an batre dikala perlu.

nah… terinspirasi sama v20 yang ada charger batrenya doang, gue gugling lah cari mana tau si asus bikin charger batrenya doang… dan ternyata ada.. tipenya ACHA01.. tapi sayangnya sampai tulisan ini dibuat, belum ada yang jualan di indonesia. dem. kalo enggak enak banget aja tuh bisa punya spare battery alias batre serep.

karena tujuannya cuma dipake buat maen pokemongo, ingress, sama injustice.. jadinya gak diisiin sim card, tapi harusnya buat telpon oke2 ajalah. buat maen game juga biasa aja, kadang ada lag-nya dikit (khusus injustice).

gue beli yg warna merah buat nemenin si zenfie, sama case-nya juga barengan pakek nillkin yang dapet antigores juga, warna merah juga lho. ini bukan karena gara2 ada ipon7 merah lho ya, dari dulu untuk tipe2 hape tertentu, gue lebih seneng yang warna merah, jauh sebelum ipon7 merah ada.

volume speakernya kuenceng… karena kuenceng eh sering dipake ama anak gue buat yutuban plus layarnya guede, dan akhirnya seringan dipake anak gue dah.

hasil kamera… rasanya masih bagusan zenfie, but still so so lah.

harga beli kalo ga salah 2,1jt dan dicicil setaon… as usual.. buat iseng2… hehehehehehe….

again… 6 inch is nice buat yutuban sama maen game,, tapi kalo buat nelpon lumayan gede sih, digenggem 1 tangan juga rasanya kegedean, apalagi masuk kantong celana jins… welehhhh… enggak banget deh.

apalagi yaaaa… udah ah… sementara gitu aja dulu.

salam

eh iyaaaa.. lupa.. ada satu hal yang menarik. jadi gini… gue inget banget pas ngecek ternyata android versionnya masih lolipop alias android 5. bulak balik cek update via setting – about phone – update… dibilangnya the latest version melulu. akhirnya coba2 gugling lah, dan ternyata memang si ZF2L6 ini emang kaga bisa diupdate OTA (Over The Air) alias lewat setting itu tadi. singkat cerita, berhasil menemukan halaman firmware si ZF2L6 ini terus harus di download manual, file downloadnya harus disimpen di microSD, terus restart hape, nanti otomatis akan mendeteksi ada firmware baru… terus tinggal ikutin lanjutannya deh, dan hasilnya.. saat ini udah jadi marshmellow alias android 6.

ini gue kasih link buat download firmwarenya siapa tau ada yang mau update zf2l6 nya…

https://www.asus.com/id/Phone/ZenFone-2-Laser-ZE601KL/HelpDesk_Download/

dibaca baik2 ya petunjuknya, yang penting dicek dulu masuk versi yang mana, soalnya ada yang WW, CN, TW… kalo yang garansi resmi sih biasanya yang versi WW, makanya pastiin aja dulu di setting –> about –> software information, huruf depannya WW, CN atau TW? kalo WW ya pilih yang file WW, kalo CN pilih yang CN, kalo TW ya pilih yang TW.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *