Review Acer Liquid X2 Triple Sim 4G – Bagian II

lanjutin lagi yuk ah tentang si X2 ini. mungkin sekalian sambil gue bandingin sama kompetitor triple sim satu-satunya yang gue tau dan pernah gue pake, adalah acer e700.

beberapa perbedaan yang mendasar antara e700 dan X2 antara lain:

yang pertama e700 ukuraran layarnya 5 inch, X2 ukuran layarnya 5,5 inch, sama-sama resolusi layarnya 720, tapi karena layarnya e700 lebih kecil, ya teorinya tulisan/gambar lebih terlihat tajam di e700 dibanding X2, tapi gue ngerasanya biasa aja sih :p

yang kedua e700 masih menggunakan dedicated capacitive button (home-back-menu), sedangkan X menggunakan on screen button. hal ini berakibat secara efektif kalo lagi otak atik hape, ukuran layarnya seolah-olah jadi sekitar 5,2 inch, karena biasanya on screen button itu makan space sekitar 0,3 inch diameter, perbedaan lain adalah tentunya spesifikasi prosesor/ROM/RAM, di mana e700 masih menggunakan prosesor quadcore MTK, 16GB/2GB, sedangkan X2 masih menggunakan prosesor octacore MTK, dengan clock 1,3 atau 1,5 ghz gue lupa gitu, dengan kata lain, 4 core melawan 8 core, seharusnya jumlah core lebih banyak tentu lebih baik untuk kegiatan multi tasking, ditambah lagi OS bawaan e700 masih kitkat dan berjalan dengan arsitektur 32 bit (belum support 64bit), sedangkan X2 sudah lolipop 501 yang udah support arsitektur 64 bit.

perbedaan selanjutnya, mumpung masih ngomongin jeroan, geser dikit ke sebelahnya, urusan internal storage dan RAM. e700 itu konfigurasinya 16GB/2GB (baca: internal storage 16GB, RAM 2GB), di mana seinget gue begitu dibuka dari kerdusnya, sisa space internal storage yang masih bisa dipake sekitar 11GB. nah… ini faktur kenapa gue ngerasa udah harus ganti ke X2, karena RAM 2GB sekarang udah gak mencukupi (buat kebutuhan gue). kalo storage 16GB sih sebenernya masih cukup, karena nyimpen lagu juga gak banyak, paling buat nampung foto aja, FYI di e700 gue ga pake micro SD aman-aman aja tuh storage ga kekurangan. tapi memang… kalo bisa 32GB ya jauh lebih baik. nah… kalo X2 konfigurasinya 32GB/3GB. so yeah. ah ya… ngomongin begitu keluar dari box-nya, space internal storage yang tersedia adalah 22.68GB kalo si X2, artinya sekitar 10GB udah dimakan oleh system sama pre-installed. cukup boros apalagi kalo dibanding sama e700 yang cuma make sekitar 5GB buat system dan pre-installed.

masih berkisar di jeroan… micro SD slot tersedia di X2 dan di e700. the best part dari X2 batrenya removable, 4.000 mah, dibandingin sama e700 yang 3.500 mah dan ditanem/bukan removable.

sensor… ini dia… sensor X2 cukup minim, eh… gak tau juga sih.. tapi yang pasti gak ada sensor gyro-nya, akibatnya, kalo mainan headset virtual reality alias google cardboard, ya gak asik. yang ada cuma proximity, accelerometer, light, sama apa lah gitu, not much deh, bener-bener standar banget, minim malahan. sensor buat pedometer juga gak ada, jadinya bener-bener yang hobi sensor, X2 ini keliatannya bukan untuk anda. tsahhhh…..

apalagi yah…. oh.. kamera… konon kamera belakang dan depan itu sama2 13MP. terus lampu flash juga ada di depan sama di belakang. lampu flash yang depan lumayan lah buat selfie di kegelapan, masih bikin keliatan muka dikit daripada ga pake flash blas pisan. kamera belakangnya lebih oke sih. f-nya (kalo kata anak kamera), f.nya 1.8, katanya lebih bagus buat lowlight, tapi ya gitu deh, mungkin karena sensor kameranya biasa-biasa aja, hasilnya juga menurut gue biasa-biasa aja. lebih baik dari kamera e700, mungkin agak setara dengan kamera padfone s, tapi masih jauh dibawah hape sony yg pernah gue punya, dan masih dibawah asus zf2 hasil foto-nya. but that’s just my personal opinion. lumayan lah kalo buat foto-foto dokumen buat dikirim lewat whatsapp urusan kerjaan :).

batre removable 4.000 mah, teori-nya harusnya sih oke dan bisa bertahan lama, tapi X2 gue kayaknya ga terlalu tetapi deh. rasanya performa batre lebih irit e700, tapi gak tau juga sih ya, e700 soalnya belakangan udah jarang dipegang2, buat telpon sama whatsapp ajah, kalo X2 berhubung masih baru ya gitu deh, banyak dipegang2, terus segala aktifitas internet termasuk sosmed juga digabrukin semua di X2, karena RAM 3GB dan storage 32GB hehehehehe. tapi tetep, gue merasa batrenya lebih boros kalo dibanding sama e700, mungkin karena pengaruh 4G-nya jugakah? ga tau juga deh.

gue mau upload foto-foto-nya nanti gue susulin ya

sementara gitu dulu, nanti dilanjut lagi bagian berikutnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *